Berita OKI

Kalau Hujan Menginap di Rumah Tetangga, Kondisi Nenek Rohani Warga Karang Agung OKI

Rumah nenek Rohani yang sudah tak layak huni yang berada di Dusun 2, Desa Karang Agung, Kecamatan Jejawi, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO
Nenek rohani Warga Desa Karang Agung, Kecamatan Jejawi, Kabupaten Ogan Komering Ilir ini tinggal di rumah yang hampir roboh, Minggu (25/9/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG -- Rumah nenek Rohani yang sudah tak layak huni yang berada di Dusun 2, Desa Karang Agung, Kecamatan Jejawi, Kabupaten Ogan Komering Ilir tidak tersentuh bantuan pemerintah. 

Rumah yang berada diatas bantaran sungai ini memiliki material papan dan beratapkan daun nipah yang sudah lapuk dimakan usia.

Apalagi ruangan dapurnya sudah ambruk. 

Saat ditemui di kediamannya, nenek Rohani mengatakan jika rumah yang dia tempati bertahun-tahun itu belum pernah mendapatkan perbaikan atau pun bedah rumah. 

Dirinya sangat khawatir karena sewaktu-waktu rumah tersebut bisa ambruk dan menimpa dirinya yang sudah tua. 

"Sudah 9 tahun tinggal disini bersama cucu. Sekitar setahun terakhir kondisi rumah rusak parah terutama atap yang sudah hampir habis, kalau datang hujan deras bocor semua rumah dan terpaksa menginap dirumah tetangga," 

"Untuk dapur juga sudah ambruk tiang penyangga banyak yang patah. Jadi kompor juga dipindah ke dalam rumah," jelasnya kepada awak media, Minggu (25/9/2022).

Dia berharap, pemerintah bisa membantu memperbaiki rumahnya yang hampir roboh tersebut.

"Saya minta diperbaiki dan dibaguskan rumah saya ini. Supaya saya senang tidak harus besar bangunannya kecil juga tidak masalah yang penting bisa berteduh," harap wanita paruh baya.

Ditambahkan salah satu tetangga bernama Ilud,  jika kondisi rumah tersebut sudah sangat tidak layak huni dan bisa roboh kapan saja.

"Sangat tidak layak, apalagi beliau sudah tidak bisa jalan dan mencari uang lagi. Biasanya untuk makan juga dikasih orang lain," jelas Ilud.

Dikatakan kondisi rusaknya rumah ini telah dirasakan hampir 2 tahun terakhir dan hingga kini belum ada bantuan dari pemerintah setempat maupun Kabupaten OKI.

"Setau saya belum pernah ada bantuan yang didapatkan khususnya perbaikan rumah. kekhwatiran tentunya sangat besar apalagi sekarang lagi sering datang angin kencang dan hujan deras," ungkapnya potensi rumah roboh cukup tinggi.

Baca juga: Sekolah Rusak di OKI, Lokal Kurang Siswa Gantian Belajar, Di Kecamatan Mesuji Desa Pagar Dewa

Demi keselamatan dan kenyamanan ibu Rohani.

Dirinya meminta kepada adanya program bedah rumah ataupun perbaikan yang bisa diwujudkan oleh pemerintah daerah.

"Semoga saja hati pejabat tergerak dan rumah bu Rohani mendapatkan bantuan perbaikan dan dibangun kembali," pungkasnya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved