Berita Kemenkumham Sumsel

Tingkatkan Kualitas Layanan, Imigrasi di Sumsel Lakukan ini

Banyak inovasi yang dilakukan Kanim kelas I TPI Palembang dan Muaraenim untuk meningkatkan kualitas layanan.

Editor: Sri Hidayatun
Humas Kemenkumham Sumsel
Guna meningkatkan kualitas layanan, Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Palembang dan Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim telah lakukan berbagai inovasi. 

TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG-Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel Herdaus, Kamis (15/9/2022) mengatakan untuk tingkatkan kualitas layanan, Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Palembang dan Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim telah lakukan berbagai inovasi.

Di Kanim Palembang ada inovasi SIGEP (siap nganter paspor), Garsun (Gari ke dusun), Paspor masuk kampus (PMK), Si Gita (Digitalisasi Arsip), Celimpungan (Cek Alur Proses Permohonan dan Pengambilan Paspor), Si Bangkit (Inovasi pembuatan paspor untuk orang sakit).

Sedangkan di Kanim Muara enim inovasi nya adalah Inovasi Lapor Rakit (Layanan Paspor Bagi Orang Sakit), Inovasi Lapor Tunggu (Layanan Paspor Sabtu dan Minggu), Inovasi Lentera (Layanan Tenggang Waktu Istirahat), Inovasi Lada Tunggu (Lapor Darurat Sabtu dan Minggu), Inovasi Aplikasi Siduk (Sinergi Imigrasi dan Catatan Sipil/kependudukan), Inovasi IKM Pintar (Indeks Kepuasaan Masyarakat Penilaian dan Komentar), Inovasi Paling Jempol (Paspor Keliling Jemput Bola), Inovasi Immigration Rangger, layanan/inovasi unggulan 3 in 1 Si Mamat (Imigrasi Manjakan Masyarakat), Inovasi MIA (Mido Intelligence Assistant).

Tujuan inovasi tersebut dalam rangka memberikan kemudahan kepada pengguna jasa keimigrasian.

Salah satu yg sedang digiatkan adalah layanan paspor jemput bola (easy paspor), sampai dengan September 2022 telah dilakukan 26 kali , yakni di Kanim Palembang sebanyak 16 kali dan Kanim Muara enim sebanyak 10 kali.

Karena berbagai inovasi tersebut hingga medio September 2022 jumlah paspor ysng telah diterbitkan sebanyak 31.216 buku .

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang telah terbitkan 22.489 buku Paspor.

Sedangkan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim terbitkan sejumlah 8.727 buku Paspor.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ikuti Pembukaan Rekonsiliasi Barang Milik Negara

Untuk target penerimaan negara bukan pajak ( PNBP) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang adalah sebesar Rp. 4.809.500.000  per tanggal 12 September 2022 realisasinya adalah sebesar Rp.11.257.997.817.

Sedangkan target PNBP Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim sebesar Rp. 5.202.250.000  hingga 12 September 2022 telah terealisasi sebesar Rp.5.570.246.887.

Inovasi layanan di kantor imigrasi Palembang dan Muaraenim
Untuk tingkatkan kualitas layanan, Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Palembang dan Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim telah lakukan berbagai inovasi.
Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved