Berita OKI

Jokowi Keluarkan Inpres Mobil Listrik, Herman Deru: Kepala Daerah Dianjurkan Secepatnya

Gubernur Sumsel Herman Deru menanggapi Inpres Mobil Listrik yang dikeluarkan Presiden Jokowi. Agar pejabat beralih menggunakan mobil listrik.

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO
Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru saat menghadiri acara peresmian rumah rehabilitasi narkoba Napza Adyaksa di danau wisata Teluk Gelam, Kamis (15/9/2022) sore. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG --Presiden Republik Joko Widodo atau Jokowi resmi mengeluarkan instruksi presiden (Inpres)  agar para pejabat baik di jajaran pemerintah pusat maupun daerah untuk beralih menggunakan kendaraan operasional mobil listrik.

Perintah itu tertuang dalam inpres  nomor 7 tahun 2022 agar mobil konvensional atau yang menggunakan BBM untuk diganti memakai tenaga listrik.

Dengan adanya kebijakan tersebut, Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru juga ikut membeli mobil listrik dan telah memakainya.

"Kalau gubernur udah make mobil listrik tersebut," ujar Herman Deru saat ditemui di danau wisata Teluk Gelam, Kamis (15/9/2022) sore.

Dikatakan untuk memerintah kepala daerah baik kabupaten maupun kota di Sumatera Selatan untuk beralih menggunakan mobil listrik.

Dirinya mengaku  telah menyebarkan surat edaran.

"Kita sudah kirim surat edaran ke seluruh pimpinan di daerah. Secepatnya dianjurkan untuk membeli mobil listrik," katanya.

Baca juga: Pembunuhan Artoni Kades Kuala 12 OKI Segera Disidangkan, Pelaku Tak Gangguan Jiwa

Menurutnya selain mobil listrik, sudah seharusnya setiap daerah menggunakan tenaga listrik untuk kebutuhan sehari-hari.

"Seperti misalnya memasak yang semestinya menggunakan listrik. Tetapi ini bisa diubah secara bertahap," tegas Gubernur.

"Sumsel salah satu provinsi yang menjadi icon bagi energi baru terbarukan. Contohnya tenaga listrik kota Pagaralam yang sudah seratus persen menggunakan tenaga air," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved