Berita Kabupaten OKU Timur

Digelar Selama 3 Hari, Puluhan Warga Ikuti Operasi Bibir Sumbing dan Langit-langit Gratis

Kegiatan operasi gratis bibir dan langit sumbing ini dilaksanakan selama 3 hari mulai hari Jumat hingga Minggu.

Editor: Sri Hidayatun
Edo Pramadi/tribunsumsel.com
Pelaksanaan operasi bibir sumbing dan langit-langit di RSUD OKU Timur, Sabtu (10/9/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MARTAPURA -Bekerja sama dengan komunitas Smile Train dan Yayasan Umi Romlah, Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Kesehatan melakukan operasi gratis bibir dan langit sumbing di RSUD OKU Timur, Sabtu (10/9/2022).

Kegiatan operasi gratis bibir dan langit sumbing ini dilaksanakan selama 3 hari mulai hari Jumat hingga Minggu.

Sebanyak 29 orang peserta terdiri dari dewasa dan anak-anak yang berasal dari kabupaten OKU Timur, Kabupaten OKU dan Kabupaten Way kanan.

Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur, Zainal Abidin mengatakan untuk operasi bibir sumbing di Kabupaten OKU Timur ini sudah di laksanakan dua kali.

”Operasi pertama dilakukan pada tahun 2019, dan kegiatan kedua dilaksanakan pada tahun ini 2022,” ujarnya.

Untuk operasi bibir sumbing tahun ini, lanjut Zainal Abidin, itu dari awal nya ada 32 peserta.

Namun, dari 32 peserta itu ada yang bisa di operasi dan tidak dengan alasan medis.

Baca juga: Kapolres OKUT Ajak Personil dan Awak Media Nobar Film Sayap- Sayap Patah

”Kemudian dari 32 itu ada 27 yang bisa di operasi untuk hari ini, dan juga tadi ada tambahan lagi 2 peserta. jadi total nya menjadi 29 peserta, hari ini di Fokuskan untuk operasi langit-langit sumbing dulu. Karena lebih sulit dari pada operasi bibir nya, kemudian besok hari minggu baru operasi bibir sumbing,” ujarnya. 

Sementara itu, Ketua TP PKK OKU Timur, dr. Sheila Noberta yang juga berkesempatan hadir mengucapkan syukur karena telah terlaksana kegiatan operasi gratis bibir dan langit sumbing ini.

”Saya beberapa bulan yang lalu memang sudah punya keinginan untuk melakukan kegiatan operasi bibir dan langit sumbing ini. Tapi, saya pikir dari mana anggaran nya itu sudah pasti mahal,” ungkap dr. Sheila Noberta.

Tak lama dari itu, dr. Sheila Noberta mengatakan ia mendapat telepon dari sang adik bahwa akan ada Operasi gratis bibir dan langit sumbing untuk kabupaten OKU Timur.

”Seperti dapat durian runtuh, tanpa pikir panjang saya langsung bilang sama adik saya setuju, baru saya bilang sama pak Bupati bahwa ada Operasi gratis Bibir dan langit sumbing untuk masyarakat OKU Timur dan pak Bupati juga meng iya kan,” terangnya.

Dengan adanya operasi gratis bibir dan langit sumbing tersebut dilakukan untuk meringankan beban masyarakat yang memiliki kelainan kongenital (penderita bibir sumbing) untuk mendapatkan senyum yang baru dan menuju Kabupaten OKU Timur maju lebih mulia. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved