Berita PLN Insight

PLN Bawa Rumah Kopi Binaannya ke Pameran Kopi se-Indonesia

Kopi-kopi terbaik Nusantara mejeng di gelaran Jogja Coffee Week.Event berskala nasional itu diselenggarakan di Jogja Expo Center (JEC).

Editor: Sri Hidayatun
Dokumentasi PLN
PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (UIW S2JB) mengikutsertakan mitra unggulan Rumah Kopi Kriya Kepahiang dalam event Jogja Coffee Week #2 

TRIBUNSUMSEL.COM,BENGKULU- Rumah BUMN Kepahiang yang merupakan binaan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (UIW S2JB) mengikutsertakan mitra unggulan Rumah Kopi Kriya Kepahiang dalam event Jogja Coffee Week #2 yang diselenggarakan oleh Komunitas Coffee Nusantara.

Event berskala nasional itu diselenggarakan di Jogja Expo Center (JEC) Daerah Istimewa Yogyakarta, 1 – 6 September 2022 lalu.

Mengangkat tema Indonesian Coffee Showcase kegiatan ini menghadirkan 166 pegiat kopi yang terdiri dari petani, prosesor, coffe roastery, coffee shop, serta memamerkan peralatan-perkakas pendukung, bahan baku dan aneka produk turunan kopi.

Tidak hanya itu, 239 peserta kompetisi cupping dan brewing dari seluruh Indonesia turut terlibat meramaikan acara. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan usaha kopi para petani, UMKM hingga perusahaan-perusahaan mikro, kecil dan menengah, dengan segala produk turunannya yang mana saat ini sedang bertumbuh pesat di Indonesia. Pameran ini selain untuk membantu pemasaran kopi juga diharapkan dapat membantu percepatan ekonomi dalam negeri melalui pertumbuhan ekspor kopi Indonesia yang pasarnya cukup besar dan terus bertumbuh,” ujar Rahadi Saptata Abra selaku Ketua Panitia Jogja Coffe Week #2.

Kopi Kriya Kepahiang sendiri merupakan salah satu mitra unggulan PLN yang hadir dalam kegiatan Jogja Coffee Week #2 di Yogyakarta.

Baca juga: Lebih dari 60 Tahun Belum Pernah Dilakukan,PLN Revitalisasi Jaringan Kelistrikan Istana Kepresidenan

Kopi Kriya Kepahiang beranggotakan komunitas penggiat kopi di Kabupaten Kepahiang yang saat ini sedang berfokus pada proses pendampingan petani kopi dalam pengolahan pascapanen.

Hal ini untuk meningkatkan dan mendapatkan kualitas kopi terbaik sesuai standar permintaan pasar baik nasional maupun mancanegara. 

Manajer operasional dan program Rumah BUMN Kepahiang, Agung Yudha Prawira menjelaskan bahwa Kopi Kriya Kepahiang telah melalui proses pendampingan dan kurasi, sehingga bisa didorong untuk masuk ke pangsa pasar nasional, salah satunya dengan mengikutkan dalam event pameran ini.

Jogja Coffee Week
PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (UIW S2JB) mengikutsertakan mitra unggulan Rumah Kopi Kriya Kepahiang dalam event Jogja Coffee Week #2

“Event Jogja Coffee Week #2 menjadi salah satu wadah untuk mitra binaan PLN dan Rumah BUMN dalam mempromosikan dan memperkenalkan produk kopi unggulan daerah Bengkulu ke pasar yang lebih luas, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan berimbas pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan para petani serta pegiat kopi di daerah.” Kata Agung

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved