Harga Sawit Palembang

Harga Sawit Palembang: Berita Sawit Banyuasin, Petani: Pupuk Subsidi Dihapus BBM Naik, Makin Sulit

Harga sawit Palembang, petani sawit di Banyuasin di antaranya petani di wilayah Kecamatan Muara Padang Banyuasin mengeluh kenaikan harga BBM.

Penulis: M. Ardiansyah | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/M ARDIANSYAH
Harga sawit Palembang, petani sawit di Banyuasin di antaranya petani di wilayah Kecamatan Muara Padang Banyuasin mengeluh kenaikan harga BBM, Rabu (7/9/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN - Harga sawit Palembang, petani sawit di Banyuasin di antaranya petani di wilayah Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin, mengeluh dengan kenaikan harga BBM.

Kenaikan harga BBM, dianggap bisa memberatkan petani terutama sawit dan karet. Hal ini, akan membuat pengeluaran untuk transportasi membengkak sedangkan harga sawit di Banyuasin masih relatif rendah kisaran Rp 1.000-an jauh dari harga sawit Palembang Rp 2.189 per kg

Menurut Musi Andi, harga sawit Banyuasin saat ini masih kisaran Rp 1.000 hingga Rp 1.150 jauh dari harga sawit Palembang menjadi tantangan tersendiri bagi petani.

Terlebih, tidak ada lagi pupuk subsidi bagi petani sawit dari pemerintah, akan membawa dampak sangat besar bagi para petani.

"BBM naik, disaat harga hasil bumi anjlok. Ini akan membuat petani makin sengsara," ujar Musi Andi ketika dihubungi, Rabu (7/9/2022).

Petani akan bertambah sulit, untuk menghasilkan hasil bumi seperti sawit dan juga karet. Karena, dari sisi perawatan pohon saja sudah mengelami kesulitan.

Baca juga: Saya Mohon Doa Atas Perjuangan Ini, Soimah Ibu Santri Gontor Meninggal Dianiaya Asal Palembang

"Kalau sekarang, pupuk sudah mahal. Mau panen, butuh biaya lagi. Sekarang BBM naik, bagaimana bisa bawa keluar hasil bumi. Pasti sewa truk juga mahal, sedangkan harga masih anjlok," ungkapnya.

Tak jauh berbeda juga diungkapkan, Jony warga Muara Padang. Jony mengaku kenaikan harga BBM sekarang, membuat prihatin. Seharusnya, pemerintah juga memperhatikan petani kecil seperti mereka.

"Hasil panen sudah tidak maksimal, karena terkendala pupuk yang mahal. Sekarang BBM naik, apa tidak makin sulit petani. Kami ini petani, yang lahannya bukan puluhan bahkan ratusan hektare," ungkapnya.

Jony berharap, agar ada perhatian pemerintah kepada petani kecil seperti dirinya. Seperti pupuk subsidi yang seharusnya tidak dihilangkan bagi petani kecil. Karena, mereka bukan perusahaan yang memiliki fasilitas dan sarana lengkap untuk perkebunan.

Satu Hektare Dapat Rp 400 Ribu

Sebelumnya, harga tandan buah segar (TBS) sawit di Sumsel termasuk harga sawit Banyuasin ditetapkan Rp 2.189 per kilogram.

Namun, kenyataannya harga sawit di Banyuasin hari ini di tingkat petani Rp 1.150 per kg, jauh di bawah harga sawit Palembang yang telah ditetapkan.

Akibatnya, petani sawit masih mendapatkan hasil yang belum maksimal.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved