Berita Muara Enim

Pemilihan Wabup Muara Enim Besok, Ketua DPRD Liono Basuki: Gunakan Sistem Tertutup

Pemilihan wakil Bupati (Wabup) Muara Enim dijadwalkan Selasa (6/9/2022). Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki jelaskan proses pemilihan

SRIPOKU/ARDANI
Ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki menjelaskan proses pemilihan wakil bupati Muara Enim oleh DPRD Muara Enim. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARA ENIM,--DPRD Kabupaten Muara Enim akan menggelar Pemilihan Wakil Bupati Muara Enim periode sisa waktu 2018 - 2023.

Pemilihan tersebut dilaksanakan setelah berkonsultasi dan mendapat petunjuk dari Kemendagri RI.

"Kita (DPRD,red) sudah koordinasi dan konsultasi ke Kemendagri dan pihak terkait untuk pelaksanaan Pilwabup. Kalau tidak ada dasarnya mana berani kita gegabah," ujar Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki di ruang kerjanya, Senin (5/9/2022).

Menurut Liono Basuki, saat ini, persiapan sudah 100 persen selesai dan detil.

Seluruh kelengkapan persyaratan sudah diperiksa ke pihak-pihak yang berwenang seperti ijazah kita sudah croos chek langsung ke Perguruan Tinggi masing-masing.

Selain itu, kita juga sudah road show bersilaturahmi dan berkoordinasi dengan Forkopimda seperti Polres, Kodim, Kejaksaan, Pengadilan Negeri dan KPU serta pihak-pihak terkait lainnya untuk mendukung suksesnya kegiatan ini.

Dan khusus untuk Polres Muara Enim kita mintakan bantuan untuk pengamanan selama proses Pilwabup.

"Nanti untuk pengamanan kita mintakan Kepolisian dan dibantu Satpol PP serta Dishub Muara Enim untuk pengaturan lalulintas," ujar Kiki panggilan akrabnya.

Untuk proses pemilihan, lanjut Liono Basuki, akan dilakukan pada hari Selasa (6/9/2022) pukul 09.00 diawali dengan Paripurna Penetapan Cawabup Muara Enim yang akan dilakukan oleh 44 anggota DPRD Muara Enim dari 45 Anggota DPRD Muara Enim karena 1 orang menunaikan ibadah umroh.

Setelah ditetapkan barulah dilakukan pengambilan nomor undian untuk dua Cawabup yakni  Ahmad Usmarwi Kaffah SH LLM (Bahan) LLM (Abdn) PhD yang diusung Partai Demokrat dan PKB sedangkan Muhammad Yudistira Syahputra SH MH partai Hanura.

Setelah itu, penyampaian visi dan misi masing-masing Cawabup.

Kemudian akan dilanjutkan dengan  pemilihan  Cawabup sekitar pukul 13.00.

Adapun sistemnya tertutup dimana masing-masing anggota DPRD Muara Enim masuk bilik suara dan memilih nama Cawabup.

Untuk anggaran Pemihan dari awal sampai besok menggunakan anggaran melekat di Sekretariat Dewan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved