Harga Karet Palembang

Harga Karet Palembang: Harga Karet di Lubuklinggau Sumsel Tingkat Petani Rp 8.000 per Kg

Harga karet Palembang, harga karet di Lubuklinggau Sumsel bervariasi mencapai Rp 8.000 per kg tetapi masih di bawah Rp 10 ribu per kg.

Penulis: Eko Hepronis | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/EKO HEPRONIS
Harga karet Palembang, harga karet di Lubuklinggau Sumsel bervariasi mencapai Rp 8.000 per kg, Senin (5/9/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Harga karet Palembang, harga karet di Lubuklinggau Sumsel bervariasi tetapi masih di bawah Rp 10 ribu per kg.

Harga karet di Palembang, harga karet di Lubuklinggau di tingkat petani berkisar antara Rp.7.500 sampai Rp 8.000 per kilogram.

Yati mengatakan, harga karet di Lubuklinggau Sumsel tingkat petani tersebut selalu berubah-ubah dan cendrung tidak stabil. Jauh dari harga karet Palembang Rp 19 ribuan per kg.

"Sekarang belum stabil tidak mantap, berubah-ubah, kadang Rp.7.500, kadang Rp 8.000," ungkapnya pada wartawan, Senin (5/9/2022).

Menurut Yati karena tidak ada gudang besar di Lubuklinggau akhirnya para petani memilih menjual karet dengan toke yang kerap datang ke rumah-rumah mereka.

"Kami sekarang jualnya ke toke inilah, untuk pasaran masih Rp. 8.000 ribu belum ada kenaikan," ujarnya.

Baca juga: Demo BBM Naik di Lubuklinggau, Mahasiswa: Anggota Dewan Buktikan Kalian Bersama Rakyat

Dia mengatakan, harga karet ditingkat petani minimal Rp. 10 ribu per kilogram baru sebanding dengan biaya produksi dan harga beras saat ini.

Meski harga turun, produksi getah karet cukup stabil, meski pun saat ini sedang musim penghujan dan banyak kadar air.

"Karet yang dihasilkan lumayan, karena sekarang kalau kotor tengkulak tidak mau, mereka sekarang mau milih yang bersih," ungkapnya.

Udin salah seorang pengepul karet mengaku semenjak harga karet cukup stabil jumlah karet yang dijual petani cukup stabil.

"Karet yang dihasilkan sedikit mengalami peningkatan, tapi untuk harga sementara naik turun menyesuaikan info dari pabrik Palembang," ungkapnya.

Harga beli kareng kering dari tingkat petani saat ini dikisaran Rp.8.000- Rp.8.500 ribu perkilogram, sedangkan harga jual ke pabrik Rp.9.000 ribu per kilogram.

"Intinya karet ini melihat kualitas, kalau bagus dan kering mahal," katanya. 

Tips Pohon Karet Tidak Mudah Tumbang

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved