Berita Lahat

Pencurian Motor Karena Kelengahan Pemilik di Lahat, Begini Pelaku Beraksi

Pencurian karena kelengahan pemilik motor terjadi di Lahat, beruntung pelaku ditangkap polisi saat baru menjalankan aksinya. begini Pelaku Beraksi

Dokumentasi Polisi
Tersangka Rendi Jaka Saputra (20) saat diamankan di Polres Lahat 

TRIBUNSUMSEL.COM, LAHAT - Rendi Jaka Saputra (20) warga Desa Sinjar Bulan, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat ditangkap Polisi terkait kasus pencurian motor.

Aksi Rendi memanfaatkan kelengahan pemilik motor sehingga membawa kabur motor Honda Sonic di salah satu tempat kosan di Jalan Lembayung, Kelurahan Bandar Agung, Kota Lahat.

Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto SIK melalui Kasat Reskrim, AKP Herli Setiawan SH MH didampingi Kanit Pidum Ipda Rachmat Djakatara STr K MSi mengungkapkan awalnya tersangka Rendi  menuju kontrakan pemilik Dimas yang berada di TKP sekitar jam 21.00 wib.

Setelah sampai di kosan,  tersangka lalu mengobrol dengan Dimas, Farel, Selamat dan Indra di area kosan. 

Namun tersangka tiba-tiba melihat 1 unit kunci  sepeda motor  honda sonic warna merah putih dengan plat kendaraan B 4641 FIA yang berada di salah satu kontrakan korban Firdaus.

Saat itu kunci motor berada di dalam kontrakan tergelatak di kasur.

Ketika korban lengah, tersangka lalu mengambil kunci sepeda motor.  

"Setelah itu pelaku pergi meninggalkan tempat kosan sekitar pukul 23.00 WIB dengan membawa kunci kontak yang sudah berada di kantong sakunya,"terangnya,  Rabu (24/8/2022). 

Sekira pukul 01.00 wib pelaku ini kembali lagi ke tempat kosan.

Namun,  melihat situasi di kontrakan belum memungkinkan, maka tersangka kembali pergi lagi.

Pada pukul 02.00 WIB, Kamis (18/8), barulah tersangka melancarkan aksinya, pelaku kembali lagi ke kontrakan dan langsung mencuri 1 (satu) unit sepeda motor  honda sonic warna merah putih dengan plat kendaraan B 4641 FIA 

"Kunci sepeda motor tersebut sudah di kantongi akan tetapi pada saat hendak membawa motor korban, tersangka tertangkap oleh anggota tim macan kumbang Polres Lahat yang sedang patroli di sekitar tempat kejadian perkara sehingga barang bukti dan tersangka langsung diamankan dan di bawah ke kantor Satreskrim Polres Lahat guna proses lanjut,"tegasnya

Baca juga: 8.278 Honorer di Lahat Berharap Jadi PPPK, Ada yang Sudah Kerja Puluhan Tahun


 Ditambahkanya,  pelaku sendiri terjerat kasus 363 KUHPidana tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan dan terancam pidana penjara tujuh tahun.

"Barang bukti motor dan tersangka sudah di bawa Mapolres Lahat," katanya. (SP/EHDI)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved