Berita PMDP3A Muratara

TP-PKK Muratara Rakor Selaraskan Program, Bersinergi Wujudkan Keluarga Berdaya dan Sejahtera

Gusti Rohmani menjelaskan kegiatan diadakan untuk menyelaraskan program-program yang ada pada TP-PKK provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa

Penulis: Rahmat Aizullah | Editor: Sri Hidayatun
Humas Pemkab Muratara
Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama dari pengurus kabupaten hingga tingkat desa/kelurahan, Jumat (19/8/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama dari pengurus kabupaten hingga tingkat desa/kelurahan, Jumat (19/8/2022).

Kegiatan yang dikoordinir oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PMDP3A) Kabupaten Muratara ini dilaksanakan di Hotel Dewinda Lubuklinggau.

Kepala Dinas PMDP3A Muratara, Gusti Rohmani menjelaskan kegiatan tersebut diadakan untuk menyelaraskan program-program yang ada pada TP-PKK provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan yang ada di daerah ini.

"Maka yang kita undang hari ini sebagai sasaran dari tujuan kita menyelenggarakan rakor ini adalah para pengurus TP-PKK dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa kelurahan. Kita ingin menyelaraskan program, menyamakan persepsi dan tujuan dari PKK itu sendiri," jelasnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Muratara, Rita Suryani Devi menyampaikan dalam pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia di desa membutuhkan keterlibatan samua pihak terutama peran keluarga yang menjadi faktor strategis.

"Maka diperlukan sinergitas, kemitraan, serta komitmen yang sangat tinggi yang menjadi kunci dalam mewujudkan keluarga berdaya dan sejahtera. Karena itu juga yang hadir hari ini ada para OPD juga, karena kita mewujudkan itu secara bersama-sama," katanya.

Menurut istri Bupati Muratara Devi Suhartoni ini, PKK telah berupaya mengadakan gerakan pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang bertujuan mewujudkan keluarga sehat, sejahtera, maju, dan mandiri.

"Karena itu kita minta kepada pengurus PKK di tingkat desa kelurahan sebagai ujung tombak kita paling dekat dengan masyarakat di desa agar terus memberikan semangat kepada masyarakat sehingga dapat terwujudnya keluarga berdaya dan sejahtera," harapnya.

Sementara itu, Bupati Muratara Devi Suhartoni diwakili Asisten II Suharto Patih menyampaikan tim penggerak PKK harus menjadi contoh bagi masyarakat untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan di keluarga masing-masing.

"Hal sederhana yang bisa dilakukan misalnya memanfaatkan pekarangan rumah dengan bercocok tanam sayur-sayuran, cabai, macam-macam. Kalau di rumah kita sudah ada itu maka uang yang seharusnya untuk kita beli itu bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lain," katanya.

Ia juga berharap tim penggerak PKK memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam tanaman obat keluarga (toga) selain daripada tanaman holtikultura.

"Jadikan pekarangan rumah kita apotek alam, setidaknya untuk keluarga kita sendiri. Nah ini harus tim penggerak PKK-nya dulu yang memberi contoh yang kemudian diikuti oleh masyarakat," harapnya.

Baca berita lainnya langsung dari google news

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved