Berita OKI Mandira

Meriahnya Perlombaan Perahu Bidar di Sungai Komering OKI, 20 Tim Ikut Berpartisipasi

Sebanyak 20 tim ikut berpartisipasi dalam lomba perahu bidar yang digelar di Sungai Komering, Kayuagung OKI.

Penulis: Winando Davinchi | Editor: Sri Hidayatun
Winando Davinchi/tribunsumsel.com
Lomba perahu bidar yang dimulai dari Kelurahan Jua-jua dan finish di Kelurahan Paku, Kecamatan Kayuagung pada Kamis (18/8/2022) siang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG - Kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 77 Republik Indonesia masih sangat terasa khususnya bagi masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya tim yang mengikuti lomba perahu bidar yang dimulai dari Kelurahan Jua-jua dan finish di Kelurahan Paku, Kecamatan Kayuagung pada Kamis (18/8/2022) siang.

Dikatakan majelis karang taruna Kabupaten OKI, M. Alki Andriansyah bahwa perlombaan ini di ikuti oleh 20 tim dengan memperebutkan total hadiah Rp 15.000.000.

"Pergelaran perlombaan dilakukan selama 2 hari yaitu tanggal 18 sampai 19 Agustus. Untuk final akan berlangsung besok," ujar M Alki saat dibincangi.

Baca juga: Pemkab OKI Dukung Agenda Besar Indonesia Maju

Disampaikan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka melestarikan tradisional dan sebagai sarana olahraga.

"Bertepatan momentum HUT Kemerdekaan RI Ke-77. Kami berkeinginan untuk mengenalkan dan menjaga tradisi masyarakat khususnya warga Kayuagung," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten OKI, M Refly menambah kalau perlombaan bidar ini adalah rangkain kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-77.  

"Perahu bidar ini semangat anak muda yang luar biasa dan harus dilestarikan. Ini adalah puncaknya dimana sebelumnya ada olahraga tradisional bakiak, hadangan dan lainnya," bebernya.

Diceritakan jika perlombaan perahu bidar ini merupakan warisan sejarah Kayuagung. Sehingga harus dilestarikan. 

"Ratusan warga antusias menonton perlombaan perahu bidar dengan berbaris di pinggiran Sungai Komering sepanjang yang dilalui perahu bidar tersebut," pungkasnya.

Baca berita lainnya langsung dari google news

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved