Berita Pagaralam

Berkurang 40 persen, 500 Pendaki Ikuti Upacara 17 Agustus di Puncak Dempo Pagaralam

500 pendaki dari Pagar Alam maupun luar daerah mengikuti upacara HUT RI 17 Agustus 2022 di puncak Gunung Dempo Pagaralam.

SRIPOKU/WAWAN
PENDAKI : Nampak Para Pendaki yang akan melakukan pendakian ke Puncak Gunung Dempo di HUT RI ke-77. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PAGAR ALAM - Peringatan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Indonesia setiap 17 Agustus kerap diwarnai dengan sederet aktivitas menarik.

Salah satunya yaitu dengan melakukan pengibaran bendera Merah Putih di puncak gunung yang seolah menjadi sebuah tradisi di kalangan para pendaki.

Hal ini juga terjadi di Puncak Gunung Dempo Kota Pagar Alam.

Dalam perayaan HUT RI ke-77 tercatat tak kurang 500 pendaki baik dari Pagar Alam maupun luar daerah yang telah merayakan sekaligus mengikuti upacara HUT RI di puncak Dempo. 

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Balai Registrasi Gunung Dempo (Brigade) Pagar Alam Arindi, dimana iya juga menjelaskan ratusan pendaki pendaki baik dari dalam maupun luar Pagar Alam sudah mendaki sejak tanggal 15 Agustus sampai sekarang dengan tujuan yang sama yaitu ingin mengibarkan bendera merah putih di Puncak tertinggi di Sumatera Selatan. 

"Tercatat dari data Brigade, pendaki yang datang tahun ini dari berbagai daerah luar Pagar Alam, mulai dari Provinsi Lampung, Padang, Palembang bahkan Sumatera Utara," katanya, Kamis (18/8/2022) 

Namun sambung Arindi, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya jumlah pendaki yang datang tahun ini agak berkurang.

Ditahun-tahun sebelumnya jumlah dapat mencapai hampir 1000 pendaki yang merayakan HUT RI di Puncak Gunung Dempo. 

"Berkurang sekitar 40 persen untuk penyebabnya kita tidak tahu. Padahal biasanya ribuan pendaki muncak Dempo saat 17 an," ujarnya.

Baca juga: Misteri Wanita di Pagaralam Diikat,Dianiaya Hingga Tewas Terkuak, Pelaku Teman Kencan

Jujun (32) salah satu pendaki asal Kabupaten Bengkulu mengatakan, untuk tahun ini jalur pendakian tidak terlalu ramai, hal ini terlihat pada saat mendaki.

"Biasanya setiap 17 Agustus jalur dipenuhi pendaki, namun tahun ini tidak begitu ramai. Tapi pendakian ke Gunung Dempo tetap memberikan kesan tersendiri bagi para pendaki," ungkapnya. (SP/WAWAN)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved