Berita Sumsel Maju untuk Semua

Kenalkan Produk Unggulan UMKM, Pemprov Sumsel Gelar Expo di Kota Bandung Jabar

Guna memperkenalkan produk UMKM agar naik kelas, Pemprov Sumsel gelar expo di kota Bandung kerjasama dengan Pemprov Jabar.

Editor: Sri Hidayatun
HUMAS PEMPROV SUMSEL
Pemerintah Provinsi Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyelenggaraan Sumsel Expo 2022 yang berlangsung di Cihampelas Walk Kota Bandung. 

TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG- Pemerintah Provinsi Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus berupaya meningkatakan pendapatan masyarakat melalui pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Salah satunya melalui penyelenggaraan Sumsel Expo 2022 yang berlangsung di Cihampelas Walk Kota Bandung.

Sumsel Expo yang berlangsung mulai dari tanggal 12 hingga 14 Agustus 2022 tersebut diyakini akan mampu menumbuhkan kualitas produksi UMKM Sumsel agar mampu bersaing dipasar global.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru melalui Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumsel Ir.H.Amiruddin,M.Si Rabu (10/8/2022) mengatakan, Pemprov melalui dinas yang dipimpinnya akan beruapaya mendorong majunya sektor UMKM melalui sejumlah event diantaranya melalui agenda tahunan Sumsel Expo.

Sebagai salah satu daerah yang sektor UMKM yang cukup tinggi, lanjut Amiruddin, menjadi alasan tersendiri bagi Kementerian Koperasi dan UMKM untuk ikut terlibat dalam ajang acara Hari Nasional UMKM yang juga berbarengan dengan penyelenggaraan Sumsel Expo 2022 bersama dengan Provinsi Jabar.

Baca juga: Feby Deru Jajaki Kerjasama Pelatihan Perajin Souvenir Dengan Dekranasda Jabar

“Pemprov Sumsel rutin menggelar Sumsel Expo sebagai wadah promosi bagi produk UMKM untuk dikenalan pada pasar luar. Kebetulan pada tahun ini bertepatan dengan hari nasional UMKM yang menjadi tuan rumah adalah Kota Bandung. Sumsel satu-satunya provinsi yang didaulat meng backup Harnas UMKM,” terangnya.

Adapun Sumsel Expo kali ini lanjut dia, melibatkan 12 peserta seperti ICSB, Kriya Sriwijaya, Bank Sumsel, PT Pusri. Selain itu 8 Kabupaten/Kota juga ikut dilibatkan masing-masing Kabupaten OKI, OKU, Ogan Ilir, Musi Banyuasin, Kota Prabumulih, Muara Enim, OKU Timur dan Musi Rawas.

“Kegiatan ini selain untuk mempromosikan berbagai potensi daerah juga untuk pemberdayakan ekonomi masyarakat, terbukti banyak gerai yang disiapkan untuk pelaku UMKM,” tambahnya.

Lebih lanjut Amiruddin menuturkan, yang membedakan Sumsel Expo 2022 dari tahun-tahun sebelumnya, adalah adanya penandatanganan kesepakatan bersama antara pemerintah daerah provinsi Sumsel dengan pemerintah daerah provinsi Jawa Barat tentang pengembangan potensi daerah dan peningkatan pelayanan publik.

“Harapan dari penyelenggaraan Sumsel Expo ini adalah untuk pertukaran informasi produk UMKM Sumsel dan Jawa Barat. Kemudian untuk meningkatkan omset penjualan serta mempererat silaturahmi antara pelaku UMKM secara digital,” pungkasnya.*

Baca berita lainnya langsung dari google news

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved