Berita PLN Insight

Dorong Pemasaran Produk Hingga Mancanegara, PLN UIW S2JB Inisiasi Pelatihan Mitra UMKM Siap Ekspor

PLN UIW S2JB memberikan pelatihan strategis mitra UMKM untuk siap ekspor guna mendorong produk para UMKM ke nasional hingga ke mancanegara.

Editor: Sri Hidayatun
Dokumentasi PLN
PLN UIW S2JB berikan pelatihan kepada UMKM guna mendorong pemasaran produk ke nasional hingga mancanegara. 

TRIBUNSUMSEL.COM,JAMBI- PT PLN (Persero) UIW S2JB bersama Rumah BUMN Jambi dan Rumah BUMN Kepahiang menginisiasi pelatihan untuk terus mendukung dan mendorong mitra UMKM unggulan dalam memperluas jangkauan pemasaran dan penjualan di pasar nasional hingga mancanegara.

Pelatihan strategi UMKM siap ekspor merupakan program pelatihan khusus yang merupakan salah satu program unggulan dari PT PLN (Persero) UIW S2JB dan Rumah BUMN dalam upaya mendukung dan mempersiapkan produk Mitra Unggulan Go Global.

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 4 s.d 6 Agustus 2022 yang bertempat di Rumah BUMN Jambi dan diikuti oleh 10 UMKM mitra unggulan seperti Bermani Coffee, Bamer, Mutiara Alam Merangin, Lempur Kayu Manis Sejahtera, Tempoyak dan lain sebagainya.

Kegiatan ini dibuka oleh Manager PT PLN (Persero) UP3 Jambi yaitu Bapak Hanfi Adhrean Abidin yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa PLN akan terus mendorong, medukung dan memfasilitasi para pelaku UMKM khususnya mitra binaan unggulan PLN untuk terus dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usahanya agar dapat terus naik kelas menuju Go Modern, Go Digital, Go Online hingga Go Global.

Guna meningkatkan produk UMKM ke nasional hingga mancanegara, PLN UIW S2JB gelar pelatihan strategis, Selasa (9/8/2022).
Guna meningkatkan produk UMKM ke nasional hingga mancanegara, PLN UIW S2JB gelar pelatihan strategis, Selasa (9/8/2022). (Dokumentasi PLN)

“Banyak Program yang sebenarnya sudah dilakukan dan diwujudkan dengan baik oleh PT PLN (Persero) UIW S2JB namun kedepanya PLN bersama Rumah BUMN akan terus melakukan terobosan - terobosan program pengembangan UMKM seperti ini untuk mendukung Program Kementrian BUMN. tidak saja melalui Pelatihan, Pendampingan dan Pemasaran, namun juga akan di dukung melalui Bantuan TJSL dan akan betul - betul didampingi pelaksanaanya sehingga dapat memberikan dampak secara maksimal kepada masyarakat dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraannya,” ungkap Hanfi.

Baca juga: PLN Siapkan Infrastruktur dan Stimulus, Perkuat Ekosistem Sambut Mobil Listrik Produksi Dalam Negeri

Manager Program dan Opersional Rumah BUMN Jambi dan Kepahiang, Agung Yudha Prawira juga menambahkan bahwa kegiatan pelatihan ekspor ini merupakan kali kedua yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero) UIW S2JB bersama Rumah BUMN Jambi dan Kepahiang dalam mendukung program Kementrian BUMN sesuai arahan Bapak Arya Sinulingga selaku stafsus Kementrian BUMN untuk terus mendukung peningkatan ekonomi kerakyatan melalui pengembangan pelaku UMKM dan Generasi Millenial.

Tidak hanya Pelatihan dan Pendampingan, PLN melalui Rumah BUMN juga telah mendukung Pemasaran Internasional seperti pada bulan Juni lalu Mitra Unggulan juga difasilitasi Pameran Produk hingga ke Istanbul Turkeiye.

Melalui Program berkelanjutan Rumah BUMN Jambi dan Kepahiang berharap dapat membantu peningkatan kualitas, kuantitas, kontinuitas dan legalitas kepada mitra unggulan sehingga dapat memberikan percepatan dalam pengembangan usaha masyarakat dan memperluas jaringan Pemasaran Produk dan Usahanya hingga ke mancanegara.

Ida Royani selaku Owner KWT Kemuning mewakili Mitra Unggulan juga menyampaikan banyak terimakasih kepada PLN dan Rumah BUMN yang telah memfasilitasi program seperti ini.

"Saya mewakili rekan rekan mitra binaan PLN mengucapkan terimakasih banyak kepada PLN UIW S2JB dan Rumah BUMN Jambi dan Kepahiang yang telah memberikan wadah bagi para pelaku UMKM seperti kami untuk dibina, didampingi hingga diberikan bantuan permodalan, sertifikasi produk, pemasaran hingga pelatihan ekspor seperti sekarang ini," ucap Ida Rohyani.

Dengan adanya kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat menjadi wadah dan wujud nyata langkah persiapan produk unggulan lokal para mitra PT PLN (Persero) UIW S2JB dan rumah BUMN untuk dapat mempersiapkan usaha dan produknya untuk bersaing dan diterima di pasar dunia.

Baca berita lainnya langsung dari google news

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved