Berita Palembang

Kapan Vaksin ke 4 Nakes di Sumsel, Ini Penjelasan Kepala Dinas Kesehatan Lesty

vaksin keempat atau booster kedua Nakes di Palembang Sumsel kapan dilaksanakan. Ini Penjelasan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Lesty Nurainy

TRIBUNSUMSEL.COM/LINDA
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Lesty Nurainy saat dikonfirmasi, Jumat (29/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kementerian Kesehatan RI mulai memberikan vaksin keempat atau booster kedua pada Jumat (29/7/2022).

Penerima vaksinasi booster kedua itu difokuskan bagi sumber daya manusia (SDM) kesehatan berjumlah 1,9 juta orang. 

Namun untuk di Sumatera Selatan (Sumsel) belum melaksanakan vaksinasi booster kedua, untuk tenaga kesehatan (Nakes) karena masih menunggu petunjuk teknis (Junkis) untuk pelaksanaannya.

"Untuk di Sumsel belum melakukan vaksinasi booster kedua, karena kita masih menunggu Juknisnya dari pusat," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Lesty Nurainy saat dikonfirmasi, Jumat (29/7/2022).

Menurutnya, untuk surat edaran memang sudah ada namun untuk juknisnya belum ada.

Untuk itu masih menunggu Juknisnya dari pusat.

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Ferry Yanuar menambahkan, ia juknis belum ada sehingga tunggu juknisnya dulu.

"Kita belum mendapat petunjuk teknisnya seperti apa, misal booster kedua ini berapa ml dan bagaimana jenis vaksinnya apakah harus sama seperti booster atau boleh berbeda. Semua itu masih menunggu Juknisnya dari pusat," katanya

Menurutnya, untuk ketersediaan vaksin tidak ada masalah. Berdasarkan data yang ada, masih ada 268 ribu dosis vaksin di Sumsel. Dengan rincian vaksin covovax 38 ribu dosis, Pfizer 62 ribu dosis, moderna 13 ribu dosis, Astrazeneca 35 ribu dosis dan Sinovac 72 ribu dosis.

Sedangkan Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Yusri menambahkan, ketika nantinya Juknisnya ada maka siap dilaksanakan.

"Tidak perlu persiapan, kalau ada Juknisnya kita laksakan. Untuk booster kedua ini jika sudah ada juknisnya langsung saja, tidak perlu launching atau persiapan khusus," katanya

Baca juga: Harga Emas Hari Ini, Di Butik Antam Palembang dan Pegadaian, Lengkap 1 Gram hingga 1 Kg

Menurutnya, tidak ada syarat khusus untuk vaksinasi booster kedua, yang jelas Nakes dan sudah vaksin booster pertama minimal enam bulan. 

"Semua menjadi prioritas, rakyat juga prioritas tergantung tahapan pemberiannya saja. Karena nantinya juga dapat semua, tergantung juga ketersediaan vaksin," katanya

Sedangkan berdasarkan data yang ada capaian vaksinasi booster pertama di Sumsel baru 18,96 persen atau 1.034.358 yang sudah divaksin, dari target 7,2 juta.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved