Berita OKI Mandira

Perbaiki Kualitas Pelayanan Publik, BKSDM Lampung Utara Belajar Sistem Merit di OKI

Guna memperbaiki sistem layanan kepada masyarakat, BKPSDM Lampung Utara belajar sistem Merit ke kabupaten OKI.

Penulis: Winando Davinchi | Editor: Sri Hidayatun
Winando Davinchi/tribunsumsel.com
Sejumlah pegawai BKPSDM Kabupaten Lampung Utara belajar sistem Merit di Kabupaten OKI. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG - Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kabupaten Lampung Utara Provinsi Lampung bersama sejumlah pejabat mengunjungi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Kunjungan ini, untuk belajar tentang implementasi sistem merit di Kabupaten OKI.

Dalam hal ini Kepala BKSDM Lampura, Hairul Fadila mengatakan kunjungannya ke Kabupaten OKI selain melakukan studi banding (benchmarking) diklat kepemimpinan nasional di lembaga administrasi negara (LAN) RI juga untuk menggali langkah-langkah Kabupaten OKI dalam menerapkan sistem merit kepegawaian.

"Kunjungan kami untuk mengambil langkah dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia. Dengan studi tiru kali ini, akan mendapatkan pengalaman baru yang bisa dia aplikasikan di daerah kami," ujar Hairul.

Ia menambahkan, upaya untuk meningkatkan pelayanan publik salah satunya adalah perbaikan Merit Sistem sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku.

Baca juga: Gubernur Deru dan Bupati Iskandar Resmikan Masjid Al-Hayza di Desa Srinanti OKI

Untuk menyejajarkan diri dengan daerah lain memang perlu usaha akselerasi dengan belajar dari daerah-daerah.

"Minimal kita bisa melangkah step by step untuk memperbaiki kualitas sistem kepegawaian kita, memperbaiki kualitas pegawai kita. Dan endingnya adalah memperbaiki kualitas pelayanan publik kepada masyarakat," imbuhnya.

Di ketahui penerapan Sistem Merit merupakan konsep dasar dalam penyelenggaraan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) berdasarkan Undang-Undang ASN Nomor 5 Tahun 2014.

Ditambahkan Kepala BKPP OKI, Maulidini jika sistem merit memiliki peran yang penting dalam mewujudkan sistem organisasi yang baik dalam pemerintahan, sehingga implikasinya akan terbentuk pelayanan yang baik dan mensejahterakan rakyat.

Penerapan sistem merit PNS sebagai salah satu strategi dalam manajemen SDM ASN terang Deni tentunya bukanlah hal yang mudah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved