Berita PALI

Berikut Ini Lokasi Titik Kamera Tilang Elektronik di PALI, Ada 10 Tersebar Tiap Kecamatan

Polres PALI telah memasang tiang pancang perdana kamera tilang elektronik di PALI. Nantinya ada 10 titik tersebar tiap kecamatan.

Editor: Vanda Rosetiati
SRIPO/REIGAN PALASPA
Polres PALI telah memasang tiang perdana kamera tilang elektronik di PALI di kawasan keramaian di Simpang 5 Pendopo Kecamatan Talang Ubi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALI - Kepolisian resor (Polres) Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dalam waktu dekat bakal memberlakukan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di PALI.

Pemasangan perdana tiang pancang kamera CCTV tilang elektronik di PALI tahap pengerjaan. Lokasinya di kawasan keramaian di Simpang 5 Pendopo Kecamatan Talang Ubi.

Nantinya, paling sedikit ada 10 titik kamera tilang elektronik di PALI tersebar di tiap kecamatan di Bumi Serepat Serasan ini.

Menurut Kapolres PALI, AKBP Efrannedy melalui Kasat Lantas, AKP Sulis Pujiono SH, ETLE bertujuan menekan tingkat kecelakaan dan meningkatkan ketertiban masyarakat dalam berkendara.

Hal ini mengingat masih tingginya pengendara yang tidak mengindahkan keselamatan.

Sehingga dengan ini pihak Satlantas Polres PAL memasang kamera CCTV untuk memotret pelanggaran di jalan raya yang berlokasi di Simpamg lima Kota Pendopo, Kecamatan Talang Ubi.

Baca juga: Demi Fornas 2022, Artoyo Gowes Sepeda Tua dari Brebes ke Palembang, Tempuh Perjalanan 23 Hari

"Tilang Elektronik ini akan diresmikan secara serentak oleh Kapolda Sumsel di 17 kabupaten/kota pada 1Juli 2022 bertepatan dengan HUT Bhayangkara," ungkap Sulis, Selasa (28/6/2022).

"Untuk saat ini kita sosialisasikan terlebih dahulu. Tapi akan mulai diberlakukan serentak secara nasional per 1 Januari 2023," tambahnya.

Karenanya, ia berharap, mulai dari sekarang, untuk membiasakan memakai helm bagi pengendara roda dua. Jangan membonceng penumpang lebih dari satu dan patuhi rambu lalulintas.

"Selain itu jangan pakai knalpot motor brong. Juga bagi pengendara roda empat, pakai selalu sabuk pengaman," terangnya.

Sementara itu, berbagai respon menarik diperlihatkan warga saat melintasi tiang Tilang Elektronik tersebut.

Bahkan seorang pejalan kaki di Kecamatan Talang Ubi bahkan harus menunduk saat Tilang Elektronik mengeluarkan flash.

Ke tiga perempuan tersebut langsung menunduk saat kamera CCTV mengeluarkan cahaya karena mengira akan ada kilat.

"Kaget Pak. Cahayanya kami sangka kilat. Jadi, langsung reflek menunduk dan menutup telinga," ujar Vien sambil tersenyum.

Selain itu, warga pengendara motor yang melintas meski tak memakai helm, bahkan rela Selfi atau berpose saat camera pengawas pelanggar lalulintas itu mengeluarkan cahaya.

Baca berita lainnya langsung dari google news. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved