Berita OKU Selatan

Warga Rambang Nia OKU Selatan Dambakan Jembatan Gantung Keluarkan Hasil Bumi

warga Desa Rambang Nia, Kecamatan Simpang, Kabupaten OKU Selatan mengaku masih kesulitan dalam hal akses penyebrangan. 

SRIPOKU/ALAN
Warga menunjukan aliran sungai yang meski disebrangi oleh petani menuju ke kebun di Desa Rambang Nia, Kecamatan Simpang, OKU Selatan. Selasa (14/6/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARADUA-Sebagian besar warga Desa Rambang Nia, Kecamatan Simpang, Kabupaten OKU Selatan mengaku masih kesulitan dalam hal akses penyebrangan. 

Khususnya saat beberapa warga tersebut ingin menyebrang ke kebun kopi di wilayah seberang pulau di Rambang Nia.

Warga selama ini menggunakan alat transportasi perahu rakit atau perahu ranting seadannya untuk menyebrang aliran sungai Rambang agar dapat tiba di tempat mereka bercocok tanam.

Disaat-saat tertentu, sepertinya cuaca penghujan yang berisiko akan luapan air sungai, warga harus eksta hati-hati bahkan mengurungkan niatnya untuk bekerja hingga mengeluarkan hasil bumi.

"Yang lebih sulit lagi, kalau kondisi air sungai Rambang meluap.  Kita harus ekstra hati hati jika menyeberangi sungai ini," ungkap Burhan, Selasa, (14/6).

Hendei Kepala Desa Rambang Nia menuturkan mayoritas warganya bergantung hidup dengan petani.

"Benar, apalagi mayoritas warga desa kita ini sebagai petani dan kebun warga ini berada di seberang Sungai Rambang,"ujarnya.

Baca juga: Berhasil Turunkan Angka Kecelakaan, Polres OKU Selatan Gelar Ops Patuh Dua Pekan

Perihal keluhan warganya, pemerintah Desa sendiri telah mengajukan proposal pembangunan jembatan gantung ke Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU).

"Kalau ada jembatan gantung akan memudahkan petani untuk beraktifitas di kebun,"ungkapnya

Hendei berharap, agar Pemkab OKU Selatan dapat mengabulkan pembangunan jembatan gantung.  Karena selama ini warga terpaksa menggunakan lanting untuk mengangkut hasil bumi. (SP/ALAN)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved