Berita PALI Serasi Nia

Panen Perdana, Heri Amalindo Serukan Petani Tanam Talas Bening

Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Ir H Heri Amalindo melakukan panen perdana tanaman talas bening yang berada

Editor: Sri Hidayatun

TRIBUNSUMSEL.COM,PALI - Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Ir H Heri Amalindo melakukan panen perdana tanaman talas bening yang berada di lahan bilangan simpang raja Kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi, Senin (13/6/2022).

Dimana, orang nomor satu di Kabupaten PALI ini telah membuat demplot di lahan miliknya seluas kurang lebih dua hektar dan telah berjalan lebih dari tiga bulan.

Panen Akbar perdana turut disaksikan Kepala Dinas Pertanian PALI, Ahmad Jhoni, Ketua DPD Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten PALI, Ali Sadikin serta puluhan penyuluh pertanian yang ada di Kabupaten PALI.

Berdasarkan itu, Bupati PALI Heri Amalindo mengajak para petani di Kabupaten PALI untuk membudidayakan dan mengembangkan tanaman Talas Bening.

Menurutnya, tanaman talas bening mempunyai potensi yang sangat menjanjikan.

Sebab, kata dia tanaman itu bisa dimanfaatkan mulai dari daun, batang hingga umbinya.

Sehingga tak ada bagian dari tanaman terbuang sia-saia.

"Untuk pemasarannya sangat mudah. Kita sudah bekerjasama dengan eksportir dari Kabupaten Lahat yang akan menampung hasil panen dari petani untuk diekspor ke luar negeri," katanya.

Guna mendukung pengembangan talas bening, ia menerangkan, jika lahan miliknya yang telah ditanami menjadi pusat percontohan bagi masyarakat yang berminat membudidayakan Talas Bening.

"Kami tidak hanya ngomong, tapi membuktikan kalau tanaman Talas Bening bisa meningkatkan kesejahteraan petani. Karena mudah ditanam, mudah dirawat dan bisa ditanam di pekarangan atau ditumpang sarikan dengan tanaman perkebunan lainnya," terangnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PALI, Ahmad Jhoni mengatakan, pengembangan tanaman Talas bening adalah upaya pemerintah dalam menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur seperti lahan pekarangan agar dapat produktif.

"Banyak turunan hasil dari Talas Bening. Bisa sebagai pengganti tembakau yang rendah cafein. Batangnya juga bisa dijadikan kerajinan karena mengandung serat tinggi. Kita akan berkoordinasi lintas sektoral untuk mengembangkan tanaman ini supaya menjadi berbagai macam produk selain dijual mentah kepada eksportir," tukasnya.

Baca berita lainnya langsung dari google news

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved