Rusia Invasi Ukraina

Putin Dibuat Marah Besar, AS Kirim Sistem Roket Himars Bantu Ukraina, Ini Kehebatannya Ngeri

Himars akan memberi pasukan Ukraina kemampuan untuk menyerang lebih jauh di belakang garis Rusia, dan pada jarak yang lebih terlindungi dari persenjat

Editor: Moch Krisna
Daily Mail
ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM -- Kabar Amerika Serikat mengirim roket canggih ke Urkaina membaut Rusia "emosi"

Vladimir Putin memberikan ancaman keras jika Joe Biden masih nekat untuk mengirim.

Dilaporkan The Guardians, sistem M142 Himars (Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi) adalah versi roda-mount yang dimodernisasi, lebih ringan dan lebih gesit dari M270 MLRS yang dipasang di trek yang dikembangkan pada tahun 1970-an untuk pasukan AS dan sekutu.

Himars yang Washington berikan ke Ukraina akan memiliki jangkauan sekitar 50 mil (80km), seorang pejabat AS mengatakan kepada wartawan.

Baca juga: Dua Kakek Terlibat Cinta Terlarang, Satu di Antaranya Tewas Tak Wajar Usai Siswi SMP Hamil

Unit Himars membawa satu pod berisi enam peluru kendali 227mm (M270 membawa dua pod), atau satu pod besar yang dimuat dengan rudal taktis Army Tactical Missile System (ATACMS). AS tidak akan memasok Ukraina dengan ATACMS, yang memiliki jangkauan 300 km.

Dengan kru kecil, Himars dapat mengeluarkan pod bekas dan memuat yang baru dalam hitungan menit, tanpa bantuan kendaraan lain. Para kru akan membutuhkan beberapa pelatihan.

Militer AS sudah memiliki unit Himars di Eropa; dan sekutu NATO Polandia dan Rumania telah memperoleh sistem tersebut.

Mengapa Himars Dianggap  Berharga?

Himars akan memberi pasukan Ukraina kemampuan untuk menyerang lebih jauh di belakang garis Rusia, dan pada jarak yang lebih terlindungi dari persenjataan jarak jauh Rusia sendiri.

Rudal berpemandu GPS yang ditembakkan Himars memiliki jangkauan sekitar dua kali lipat dari howitzer M777 yang baru-baru ini dipasok AS ke pasukan Ukraina.

Pada jarak kira-kira 80 km, biasanya menempatkan Himars di luar jangkauan artileri Rusia sendiri, sementara menempatkan baterai Rusia dalam bahaya.

Baca juga: INILAH Foto Terakhir Eril Pagi Sebelum Hilang, Atalia Sebut Tiba-tiba Senang Difoto : Dada Ini Sesak

Itu juga dapat mengancam depot pasokan Rusia, di tengah keyakinan Barat bahwa pasukan Rusia mengalami masalah logistik.

Beberapa analis mengatakan Himars dapat menjadi "pengubah permainan" dalam perang pada saat pasukan Ukraina tampaknya berjuang di bawah tembakan artileri Rusia.

Tetapi yang lain mengatakan Himars tidak akan tiba-tiba membalikkan keadaan. “The Himars bahkan akan bermain di lapangan,” kata seorang pejabat senior pertahanan AS.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved