Berita PALI

Tingkatkan PAD dari Pajak, Sekda PALI Kartika Yanti Dialog Sosialisasikan Pentingnya Bayar PBB

Sekretaris Daerah (Sekda) PALI, Kartika Yanti, SH MH dengan melakukan penyuluhan dan penyebarluasan kebijakan pajak daerah Kabupaten PALI.

SRIPOKU/REIGAN
Sekda PALI, Plt. Kepala Bapenda, bersama Camat dan Kabid Pengendalian dan Evaluasi Pajak Daerah dan Kabid Pengelolaan Pendapatan saat sosialisasi penting bayar pajak di aula Kecamatan Tanah Abang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALI- Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pemkab PALI) kian berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak, diantaranya turun langsung dialog dengan masyarakat mensosialisasikan akan pentingnya membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). 

Sekretaris Daerah (Sekda) PALI, Kartika Yanti, SH MH dengan melakukan penyuluhan dan penyebarluasan kebijakan pajak daerah Kabupaten PALI, Tahun anggaran 2022, bertempat di balai pertemuan Kecamatan Tanah Abang, turut dihadiri Camat Tanah Abang serta 17 kepala desa beserta perangkatnya, Kamis (2/6/2022). 

Perempuan pertama yang menjadi Sekda di Bumi Serepat Serasan itu menerangkan, bahwa pajak merupakan pondasi kekuatan ekonomi suatu bangsa. Oleh karena itu, Ia meminta kepada semua elemen terkait, untuk bersama-sama meningkatkan pendapatan daerah. 

"Peningkatan pendapatan daerah, menjadi tanggung jawab bersama. Oleh karena, kami meminta camat dan kepala desa, agar bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya membayar pajak.” Ungkapnya. 

Dijelaskan, membayar pajak sifatnya wajib dan memaksa. Karena diatur dalam Undang-undang. Dimana, hasil dari pajak yang dibayarkan juga untuk kepentingan masyarakat.

“Hasil membayar pajak digunakan untuk pembangunan jalan, penerangan lampu jalan, pembangunan infrastruktur dan lainnya.” Katanya. 

Ia juga mengharapkan, para kades di wilayah Kabupaten PALI, untuk turut berperan membantu sosialisasi ke masyarakat tentang pentingnya membayar pajak. 

"Tanpa disadari, masyarakat sudah menikmati hasil dari pembayaran pajak mereka. Seperti pembangunan kantor camat, jalan dan lainnya. Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan maka masyarakat bisa tahu dan kades bisa meneruskan informasi ini ke masyarakat," tuturnya.

Sementara, Plt. Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten PALI, Sari Oktaria Armin mengatakan bahwa tujuan digelarnya kegiatan itu, untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pajak. 

"Serta bisa menumbuhkan rasa sadar dan taat bayar pajak kepada masyarakat atau wajib pajak untuk meningkatkan pendapatan pajak asli daerah," terang Sari didampingi Kabid Pengendalian dam Evaluasi Pajak Daerah, Hajida dan Kabid Pengelolaan Pendapatan, Zulkopli. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved