Berita PALI

Cegah Pengendara Terjebak, Warga Tandai Lubang Menganga Dijalan PALI-MUBA

Kerusakan jalan PALI-MUBA terjadi di di jalan poros Desa Prabu Menang Kecamatan Penukal Utara PALI.

SRIPOKU/REIGAN
Akses jalan poros PALI - Muba tepatnya berada di Desa Prabu Menang Kecamatan Penukal Utara Kabupaten PALI terjadi kerusakan. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALI- Jalan lintas penghubung dua kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada beberapa titik terdapat kerusakan. 

Seperti yang terjadi di jalan poros Desa Prabu Menang Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). 

Jalan penghubung Kabupaten PALI menuju Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) pada kedua sisi bahu jalan terdapat lubang menganga, sehingga membahayakan keselamatan pengendara melintas.

Warga berinisiatif menandai titik ambles dengan kayu agar pengendara tidak terjebak.

Meskipun demikian, pada beberapa titik sudah dilakukan tampal sulam oleh Pemprov Sumsel.

Jalan yang terdapat titik kerusakan cukup parah terjadi di wilayah Desa Kota Baru hingga Desa Prabu Menang Kecamatan Penukal Utara kabupaten PALI. 

Sehingga, kondisi itu memaksa pengguna jalan harus ekstra hati-hati apabila melintas pada jalur tersebut. 

Kepala Desa Prabu Menang, Abul Rustomi menyebut bahwa kondisi jalan pada jalur lintas PALI-Muba saat ini cukup membahayakan pengendara, baik roda dua maupun roda empat, terlebih bagi pengguna jalan yang belum memahami jalur tersebut. 

"Untuk antisipasi kecelakaan, masyarakat memberikan tanda pada titik jalan rusak dan gotong melakukan perbaikan dengan alat seadanya agar pengguna jalan tidak terjebak," ungkap Abul, Minggu (15/5/2022).

Sementara, Kepala Desa Kota Baru Yusri Kolbi S. Kom meminta Pemprov Sumsel tidak sekedar menambal jalan yang berlubang dan ambles saja, sebab kerusakan sudah parah.

Menurutnya, kondisi jalan ini terjadi sudah sejak awal tahun dan belum ada upaya perbaikan.

"Masyarakat berharap jangan hanya ditambal, tapi tolong perbaiki total. Karena kalau hanya ditambal, tidak akan bertahan lama." Ujarnya.

Baca juga: Mawardi Yahya Lantik Sekda PALI Kartika Yanti Sebagai Sekretaris Forsesdasi Sumsel

Anggota DPRD kabupaten PALI Suarno SE mengatakan bahwa jalan tersebut bukan hanya akses penghubung dua kabupaten saja, melainkan saat mudik lebaran lalu, menjadi akses warga menuju provinsi diluar Sumatera Selatan seperti Jambi dan Sumatera Barat. 

"Kami harap segera dilakukan perbaikan, karena perekonomian dari dan menuju Kabupaten PALI - Muba sangat bergantung dengan jalan itu," katanya. (SP/REIGAN)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved