Kisah Inspiratif Ramadan

Kisah Nabi Muhammad SAW Larang Malaikat Jibril Jatuhkan Azab ke Penduduk Thaif

Pada kisah inspiratif kali ini melalui sebuah kisah pada zaman Nabi Muhammad, Ustadz Madi Apriadi menceritakan bagaimana teladan untuk menahan amarah.

Penulis: Annisa Ayu Lestari | Editor: M. Syah Beni
Tribunsumsel.com
Ustadz Madi Apriadi 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Bulan suci ramadhan merupakan bulan di mana umat muslim menunaikan ibadah puasa.

Dalam berpuasa umat muslim diwajibkan untuk menahan lapar, amarah dan perbuatan tidak baik lainnya.

Pada kisah inspiratif kali ini melalui sebuah kisah pada zaman Nabi Muhammad, Ustadz Madi Apriadi menceritakan bagaimana teladan untuk menahan amarah.

"Di mana saat Nabi Muhammad ingin menyampaikan dakwah di To'if ia ditolak keras oleh masyarakat To'if, bahkan Nabi Muhammad dilempari batu hingga berdarah-darah di sekujur kakinya,", jelas Ustadz Madi.

"Karena hal tersebut Nabi Muhammad akhirnya lari dari To'if, di mana masyarakat tetap melempari diri-Nya dengan batu. Bahkan malaikat Jibril ikut turun menemui Nabi Muhammad," lanjut Ustadz Madi.

Apakah ingin bukit Tursina itu aku timpakan kepada orang-orang To'if? Tanya Jibril.

Namun Nabi Muhammad SAW mengatakan "Jangan! Karena sebenarnya mereka adalah orang-orang yang tidak mengetahui,"

"Dari kisah inilah Nabi Muhammad SAW mengajarkan, bahwa beliau sangat sabar, bagaimana beliau mengajarkan bagaimana menahan amarah kepada kita. Namun hal ini bertolak belakang dengan zaman saat ini, dimana seseorang dengan mudahnya merenggut nyawa orang lain hanya karena ucapan saja," papar Ustadz Madi.

Surat Al-Imron Ayat 133 sampai 135, ciri-ciri orang yang bertaqwa adalah yang mampu memaafkan kesalahan orang lain. Ia mampu menahan amarahnya, ia mampu bersabar.

"Tribuners, mudah-mudahan ramadhan kali ini, puasa kita kali ini menjadikan kita orang-orang yang mampu menahan amarah kita dan mampu mengamalkan ajaran ke kehidupan sehari-hari, sehingga kita menjadi manusia yang mulia di sisi Allah SWT," tutup Ustadz Medi
 
 
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved