Berita PLN

Penantian Warga Desa Harapan Makmur, 370 KK Terlistriki, Desa Berlistrik di Sumsel jadi 99,01%

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru bersama Bupati Musi Rawas Ir. Hj Ratna Machmud dan GM PLN UIW S2JB Bambang Dwiyanto hadir meresmikan penyalaa

Editor: Weni Wahyuny
PLN
Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru bersama Bupati Musi Rawas Ir. Hj Ratna Machmud dan GM PLN UIW S2JB Bambang Dwiyanto hadir meresmikan penyalaan listrik desa Harapan Makmur. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUSI RAWAS - Desa Harapan Makmur merupakan sebuah desa berpenduduk sebanyak 370 Kepala Keluarga yang berprofesi sebagai petani karet dan sawit terletak di Kecamatan Muara Lakitan Musi Rawas yang telah resmi terlistriki oleh PLN sejak Januari 2022.

Dengan Total investasi sebesar 7,4 Milyar, PLN UIW S2JB - UP2K Sumsel membangun Jaringan Tegangan Menengah sepanjang 16,3 kms dan Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 7,56 kms serta 4 Gardu Distribusi. Tersambungnya listrik untuk Desa Harapan Makmur meningkatkan Rasio Desa Berlistrik di Sumatera Selatan sebesar 0,37% yaitu dari 98,64% ditahun 2020 menjadi 99,01% di awal tahun 2022.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru bersama Bupati Musi Rawas Ir. Hj Ratna Machmud dan GM PLN UIW S2JB Bambang Dwiyanto hadir meresmikan penyalaan listrik desa Harapan Makmur.

Acara dibuka dengan Sambutan General Manager PLN UIW S2JB, dalam sambutannya beliau melaporkan bahwa pembangunan listrik ini membutuhkan proses yang cukup panjang, poin penting adalah bagaimana kolaborasi dari berbagai pihak antara lain kolaborasi pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten musi rawas, PLN serta PT Musi Hutan Persada, kolaborasi menjadikan listrik bisa masuk ke desa.

"Gunakan listrik secara produktif, terima kasih atas support seluruh pihak sehingga jaringan bisa melewati hutan produktif Benakat dan kami titip infrastruktur listrik di desa ini untuk dijaga keamanannya, agar kontinyuitas listrik ke Desa Harapan Makmur terus terjaga," pesan Bambang kepada warga

Sambutan Bupati Musi Rawas Ibu Hj. Ratna Machmud MM menyampaikan bahwa hari penyalaan ini merupakan hari yg bersejarah untuk Desa Harapan Makmur karena kehadiran Gubernur ditengah warga.

Sebuah bentuk kepedulian pemerintah dan PLN dengan tersedianya jalan dan listrik agar Desa Harapan Makmur menjadi maju mandiri dan bermartabat sesuai Motto Kabupaten Musi Rawas.

"Masih ada 2 Desa Sindanglaya dan Mukti Karya belum terlistriki. Yang terpenting warga menjaga infrastruktur dengan baik, dan mudah2an desa di Musi Rawas terlistriki semua di tahun 2022," Imbuhnya.

Tak hanya itu Pemkab Musi Rawas menyerahkan bantuan berupa 1 (satu) buah mobil operasional untuk PLN.

Disambut antusias warga, Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru mengaku mendapatkan banyak surprise karena sangat ramai anak anak menyambut kedatangan gubernur padahal di daerah yang jauh dari keramaian.

Beliau mengapresiasi kerjasama semua pihak daei PLN dan Pemerintah, PT MHP dan Kementerian lingkungan hidup.

"Hampir tidak ada satu gerak aktivitas pun saat ini tanpa adanya listrik karena listrik sudah menjadi kebutuhan pokok, gunakan listrik bukan hanya untuk penerangan tapi untuk tekhnologi," pesannya.

Lanjutnya beliau menyampaikan bahwa Pemprov Sumsel sudah menandatangani kerjasama Dengan PT.MHP dan 2 desa segera tersalur dan Pemerintah butuh support dari PLN.

Seremonial ditutup dengan penyalaan MCB sebagai tanda telah resminya listrik PLN mengaliri Desa Harapan Makmur.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved