Berita PALI

Didesak Warga Tempirai Perbaiki Jalan Ambles, Ini Jawaban Dinas PUTR PALI

Kepala Dinas PUTR Kabupaten PALI Ristanto Wahyudi menjelaskan bahwa perbaikan jalan Tempirai sudah dianggarkan tahun ini. 

SRIPOKU/REIGAN
Jalan penghubung Desa Tempirai Raya Kecamatan Penukal Utara menuju Desa Air Itam Kecamatan Penukal Kabupaten PALI ambles beberapa waktu lalu. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALI --Warga Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mendesak pemerintah untuk melakukan perbaikan jalan ambles beberapa waktu lalu.

Pasalnya, jalan itu merupakan akses vital penghubung dua kecamatan yakni Kecamatan Penukal Utara dengan Desa Air Itam Kecamatan Penukal. 

Sehingga apabila dibiarkan terlalu lama, kerusakan jalan dikhawatirkan kian melebar.

"Kondisi jalan yang saat ini mengkhawatirkan berimbas aktivitas terganggu serta pengendara perlu kehati-hatian apabila melintas dilokasi jalan amblas ini," kata Arman Marzuki warga setempat, Rabu (30/3/2022).

Son Mega sapaannya, menyatakan bahwa warga Desa Tempirai Raya merasa di anak tirikan. Sebab, pihaknya menantikan upaya perbaikan dari Pemkab PALI. 

Menurutnya, jalan ambles terjadi pada Oktober 2021 lalu dan hingga kini tak kunjung perbaikan, padahal selang beberapa lama kejadian Wabup Soemarjono sendiri yang melihat langsung kondisi jalan ambles itu. 

"Bagaimana kami tidak iri, karena di desa lain ada jalan amblas bulan Januari 2022 sekarang sudah selesai di perbaiki, sementara kami sudah lama ambles tapi hanya dicek lokasi untuk perbaikan belum ada kapan realisasinya." Ujarnya.

"Kami mempertanyakan apa beda desa kami dengan desa lain, padahal jalan yang ambles itu akses utama desa kami," tukasnya.

Baca juga: Wabup PALI Drs Soemarjono Lantik CPNS Baru, Pesankan Layani Masyarakat dengan Etika

Sementara, Kepala Dinas PUTR Kabupaten PALI Ristanto Wahyudi menjelaskan bahwa perbaikan jalan Tempirai sudah dianggarkan tahun ini. 

Hanya saja, menurut Ristanto bahwa penganggaran perbaikan jalan tersebut bukan berada di PUTR, melainkan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PALI. 

"Perbaikan jalan tempirai, berdasarkan informasi yang kami dapat dari Kaban BPBD PALI, perbaikan jalan itu sudah dianggarkan pada tahun ini termasuk penanganan longsor pada badan jalan desa Sedupi Kecamatan Tanah Abang," ujar Ristanto.

Ditambahkannya, masyarakat harus bersabar karena perlu tahapan yang harus dilalui.

"Mungkin saat ini pihak BPBD sedang dalam tahap perencanaan," ujarnya (SP/REIGAN)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved