Berita Lubuklinggau

Wali Kota Lubuklinggau Hadiri Summit Kabupaten/Kota Sehat Indonesia 2022

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menghadiri Summit Kabupaten/Kota Sehat Indonesia 2022 di Kota Semarang, Senin (28/03/2022).

Penulis: Eko Hepronis | Editor: Yohanes Tri Nugroho
Diskominfo Kota Lubuklinggau
Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe didampingi Kadinkes, Erwin Armeidi, Kadis Pariwisata, Heri Zurianta, Kadis Lingkungan Hidup, Subandio Amin, Kadispora, H Purnomo dan Direktur RS Siti Aisyah, dr Dwiyana, menghadiri Summit Kabupaten/Kota Sehat Indonesia 2022, di Kota Semarang, Senin (28/03/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, JAKARTA -Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe didampingi Kadinkes, Erwin Armeidi, Kadis Pariwisata, Heri Zurianta, Kadis Lingkungan Hidup, Subandio Amin, Kadispora, H Purnomo dan Direktur RS Siti Aisyah, dr Dwiyana, menghadiri Summit Kabupaten/Kota Sehat Indonesia 2022, di Kota Semarang, Senin (28/03/2022).

Wakil Presiden (Wapres), K.H. Ma’ruf Amin saat membuka secara virtual Summit Kabupaten/Kota Sehat Indonesia 2022, mengatakan pembangunan kota sehat merupakan keharusan untuk mewujudkan kesejahteraan warga.

Menurut Badan Pusat Statistik, 56,7% penduduk Indonesia tinggal di wilayah perkotaan pada 2020 dan diprediksi meningkat menjadi 66,6% pada 2035. Terlebih, pandemi Covid-19 membuat sistem layanan kesehatan yang kuat dan responsif serta kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat semakin diperlukan.

Untuk itu, dibutuhkan kemitraan pentahelix dari kelompok dunia usaha, akademisi, lembaga swadaya masyarakat, dan media, termasuk sinergi di internal kabupaten/kota ataupun sinergi antarkabupaten/kota.

"Komitmen dan peranan pemerintah kabupaten dan kota menjadi semakin strategis,” tegas Wapres.

Lebih jauh, Wapres menggarisbawahi konsep kota sehat bukan hanya status, melainkan upaya menata lingkungan fisik dan sosial kota, sehingga tercipta ruang bagi warga untuk saling menopang dalam segala aspek kehidupan dan mengembangkan potensi terbaik mereka.

“Namun, saya perlu mengingatkan bahwa kota sehat tidak semata-mata didefinisikan oleh status, tetapi justru dari kesadaran dan upaya terus-menerus untuk meningkatkan berbagai tatanan kesehatan kota,” jelas Wapres.

“Mulai dari kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, hingga tatanan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, ketahanan pangan dan gizi, serta kehidupan sosial yang sehat,” sambungnya.

Oleh karena itu, Wapres pun mengapresiasi penyelenggaraan Summit Kabupaten/Kota Sehat Indonesia sebagai bagian dari upaya untuk merealisasikan visi besar kota sehat demi bangsa dan negara yang sehat.

“Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan Summit Kabupaten dan Kota Sehat Indonesia, karena kabupaten dan kota yang sehat, nyaman, dan aman akan menyejahterakan warganya,” ucap Wapres memuji.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved