Berita Ogan Ilir Bangkit

Wabup Ardani Motivasi 185 JCH Asal OI Jalani Manasik Haji, Persiapan Berangkat ke Tanah Suci

Wakil Bupati Ogan Ilir Ardani memberikan motivasi ke 185 JCH Asal OI Jalani Manasik Haji di Masjid Agung An Nur Tanjung Senai, Indralaya

TRIBUNSUMSEL.COM/AGUNG
Wakil Bupati Ogan Ilir Ardani menyalami sejumlah jemaah calon haji (JCH) di Masjid Agung An Nur Tanjung Senai, Indralaya, Selasa (29/3/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, INDRALAYA- Wakil Bupati Ogan Ilir Ardani berpesan kepada para jemaah calon haji (JCH) untuk mengikuti manasik dengan semangat dan sungguh-sungguh. 

"Ikutilah manasik ini dengan sungguh-sungguh karena kita harus matangkan seluruh persiapan ibadah haji ini," ucap Ardani kepada ratusan JCH di Masjid Agung An Nur Tanjung Senai, Indralaya, Selasa (29/3/2022). 

Wakil dari Panca Wijaya Akbar ini mengimbau para JCH menjaga kesehatan selama proses menuju keberangkatan ke Tanah Suci. 

"Yang utama, kita siap lahir dan batin, fisik dan mental. Insha Allah bisa berangkat tahun ini," ujarnya. 

Setelah mendapat arahan dari Ardani, para JCH langsung menuju halaman Masjid Agung An Nur di mana terdapat replika ka'bah. 

Para JCH mengelilingi ka'bah tersebut dengan dipandu oleh tim dari Kemenag Ogan Ilir. 

Kegiatan manasik haji ini dilakukan setelah JCH berjumlah 185 orang, menjalani pemeriksaan kesehatan tahap pertama di RSUD Ogan Ilir.

Namun para jemaah harus bersabar karena harus menunggu keputusan final dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi dan Kementerian Agama (Kemenag) RI. 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Ogan Ilir, Kholil Azmi mengatakan, pihaknya masih menunggu instruksi dari pusat mengenai keberangkatan haji ini. 

"Kami terus berkoordinasi dan menunggu arahan dari pusat. Setiap perkembangan akan kami laporkan kepada para JCH," kata Kholil

Menurut Kholil, berdasarkan informasi dari Kemenag RI, pemerintah Kerajaan Arab Saudi tak lagi memberlakukan PCR test saat tiba di Tanah Suci. 

Begitu juga dengan kegiatan ibadah, jemaah diperbolehkan tak mengenakan masker selama menjalani rangkaian ibadah. 

"Ini merupakan pertanda bagus bagi umat Islam dan kemungkinan Insha Allah bisa berangkat haji tahun ini. Dan juga ibadah umroh sudah dimulai sejak akhir tahun lalu," terang Kholil. 

Baca juga: Wabup OI Ardani Dampingi Wagub Sumsel Mawardi Resmikan Musala dan Rumah Tahfidz di Wisata Desa Burai

Dilanjutkannya, para JCH tampak semangat untuk mengikuti manasik haji ini setelah menanti sejak dua tahun lalu. 

"JCH tahun ini seharusnya berangkat tahun 2020 lalu. Mudah-mudahan semua berjalan lancar karena jemaah sudah tes kesehatan, urus paspor dan visa. Semua persiapan sudah dilakukan," ungkap Kholil. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved