Berita OKI Mandira

Kampung Pancasila Wujud Tingginya Toleransi di Ogan Komering Ilir

Desa Kepahyang, Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir dikukuhkan sebagai Kampung Pancasila.

Penulis: Winando Davinchi | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/WINANDO DAVINCHI
Desa Kepahyang, Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir dikukuhkan sebagai Kampung Pancasila. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG - Desa Kepahyang, Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir dikukuhkan sebagai Kampung Pancasila.

Peresmian dilakukan oleh Dandim 0402/OKI Letkol Inf Hendra Saputra S.Sos MM MI.Pol.

Desa Kepayang merupakan desa eks transmigrasi yang dihuni oleh berbagai etnis. Melalui program Kampung Pancasila yang digagas oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman diharapkan memperkuat kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dandim Hendra menyampaikan ditunjuknya Desa Kepahyang berdasarkan kajian- kajian dan nilai kerukunan yang terjaga di Desa ini.

“Masyarakat di Desa ini telah mengimplementasi nilai-nilai Pancasila yang sudah menjadi bagian dari pertahanan bangsa kita," ujar Dandim.

Dandim memastikan, selain di Desa Kepahyang, Kampung Pancasila juga dibentuk di Desa lain di Kabupaten OKI.

"Di akhir tahun, nantinya akan diadakan penilaian kampung Pancasila. Nilai yang terbaik akan mendapatkan penghargaan, ujar Dandim.

Sementara Kepala Desa Kepahyang, Supriyadi mengapresiasi dan menyambut baik dibentuknya Kampung Pancasila. Ia berharap, dengan diresmikannya Kampung Pancasila, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila terus terpelihara.

"Ini penting guna terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Desa Kepahyang. Harapannya kedepan dengan terbentuknya kampung pancasila menjadi Desa percontohan walaupun berbeda suku ras dan agama namun masyarakat hidup rukun dan damai," kata Kades.

Baca berita lainnya langsung dari google news

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved