Berita PLN

Turut Ramaikan Musrenbang RKPD Kota Palembang, Mitra Binaan PLN Gelar Produk Kerajinan Purun Sumsel

Kerajinan Purun Rude" Gebol Djuai" binaan PLN dipamerkan dalam Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023.

PLN UIW S2JB
PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu yang menghadirkan salah satu mitra binaannya berupa Kerajinan Purun 'Rude Gebol Djuai' dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-  Pemerintah Kota Palembang menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023. Musrenbang ini secara resmi dibuka oleh Wali Kota Palembang H Harnojoyo, bertempat di Santika Premiere Hotel pada Senin (14/3/2022) lalu.

Acara yang berlangsung tertib dan tetap menjaga protokol ini, turut dihadiri Ketua DPRD Palembang Zainal Abidin, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Sekretaris Daerah Ratu Dewa, dan para kepala OPD di lingkingan Pemkot Palembang.

Dalam musrenbang tersebut, perusahaan-perusahaan baik BUMN maupun BUMD yang tergabung dalam Forum TJSL Kota Palembang, juga turut meramaikan acara yang digelar satu tahun sekali itu melalui gelaran produk unggulan mitra binaannya. Salah satunya, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu yang menghadirkan salah satu mitra binaannya berupa Kerajinan Purun Rude" Gebol Djuai" .

Pusat kerajinan berbahan tikar purun "Rude Gebol Djuai" sendiri merupakan mitra binaan PLN sejak 2021 lalu. Usaha Kecil Menengah (UKM) yang memberdayakan tidak kurang dari 20 pengrajin itu mengembangkan produk-produk siap pakai (end product) dari bahan tikar khas daerah Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. 

Manajer Komunikasi & TJSL PLN UIW S2JB, Sendy Rudianto Pengembangan dalam keterangan persnya mengatakan bahwa pengembangan komunitas/kelompok masyarakat melalui Usaha Kecil Menengah (UMK) merupakan salah satu prioritas dalam Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT. PLN (Persero) melalui Program PLN Peduli.

"Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PLN terhadap pengembangan usaha masyarakat, salah satunya diwujudkan melalui Peningkatan Keahlian dan Pengembangan Produksi Kerajinan Purun, Desa Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir, yang diresmikan secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir, H. Husin, S.Pd.,M.M pada Bulan Desember tahun lalu", ungkapnya.

Sendy juga menambahkan bahwa tugas pemberdayaan usaha masyarakat adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah, perusahaan dan masyarakat. Dimana kerajinan dari bahan purun ini merupakan warisan budaya turun temurun di daerah Pedamaran, yang menjadi salah satu penghasilan dengan membuat berbagai kerajinan dari bahan purun yang sudah terkenal hingga ke kota lain, seperti: Palembang, Pagaralam dan Lampung.

"Purun ini telah menjadi identitas asli Pedamaran. Sebuah kearifan lokal, yang menjadi komoditas ekonomi sekaligus peran serta masyarakat dalam menjaga lahan yang menjadi habitat tanaman purun yang masyarakat disini menyebutnya Lebak Purun", imbuh Sendy.

Keikutsertaan UMK binaan PLN tersebut dalam acara Musrenbang yang digelar Pemkot Palembang itu juga merupakan bagian dari pembinaan dan pendampingan UMK untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pemasaran. Hal ini sebagai bentuk keberlanjutan dari bantuan peningkatan keahlian dan pengembangan produksi yang telah diberikan kepada UMK Kerajinan Purun "Rude Gebol Djuai" yang telah diberikan pada tahun lalu.

“Dengan adanya bantuan dari PLN ini, diharapkan dapat membantu UMK binaan kami untuk terus mengembangkan produk dan penjualannya. Sehingga, secara tidak langsung turut serta mendorong peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di daerah Pedamaran dan Sumatera Selatan pada umumnya.” tutup Sendy. (RIL)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved