Berita OKI

Kejar Kekebalan Kelompok, Ogan Komering Ilir Gencarkan Vaksinasi Berbasis Zonasi

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir bersama jajaran Polres dan Kodim 0402 OKI/OI berupaya untuk mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO
Bupati OKI, H. Iskandar, SE saat meninjau percepatan vaksinasi massal Zona I di Gedung Kesenian Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Senin (14/3/2022) siang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG -Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir bersama jajaran Polres dan Kodim 0402 OKI/OI berupaya untuk mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi dosis lengkap.

Upaya ini untuk mendorong tercapainya kekebalan kelompok. 

Setelah sukses pada tahap pertama, strategi vaksinasi Covid-19 massal berbasis zonasi kembali digelar di OKI. Sasarannya vaksinasi lengkap dosis dua dan booster bagi masyarakat OKI.

"Kita percepat cakupan vaksinasi dosis 2 dan booster kalau dosis 1 sudah di atas 80 persen," ucap Bupati OKI, H. Iskandar, SE saat meninjau percepatan vaksinasi masal Zona I di Gedung Kesenian Kayuagung, Senin (14/3/2022).

Iskandar menyebut capaian vaksinasi dosis 2 di OKI memang sempat tertinggal dikarenakan menarget cakupan vaksinasi anak.

"Dosis dua kita memang sempat tertinggal karena kita kejar vaksin anak waktu itu. Makanya vaksin anak kita sudah diangka 84 persen. Kali ini kita kebut cakupan dosis 2 dan booster nya" terang Iskandar.

Dirinya mengajak masyarakat OKI untuk melengkapi vaksinasi. Selain melindungi, vaksin dosis lengkap ujarnya juga memberi kemudahan bagi pelaku perjalanan dalam negeri.

"Kebijakannya sekarang tidak wajib lagi RT-PCR atau antigen untuk pelaku perjalanan dalam negeri tentu bagi yang sudah vaksin dosis lengkap," Ungkap orang nomor satu di Bumi Bende Seguguk ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, Iwan Setiawan mengatakan setelah fokus pada vaksinasi anak selama 2 bulan terakhir ini. Pihak akan kembali memasifkan pemberian vaksin dosis ke 2 dan booster.

"Saat ini kami kembali bergerak melakukan vaksinasi terhadap masyarakat umum untuk dosis 2 dan 3 booster," katanya.

Dijelaskan jika vaksinasi nantinya akan dilakukan di 18 kecamatan dalam wilayah Kabupaten OKI yang dimulai hari ini di Kecamatan Kayuagung yang digelar di Gedung Kesenian dan di Kecamatan SP Padang di Aula Kantor Camat SP Padang.

"Untuk vaksinasi anak umur 6 hingga 11 tahun alhamdulillah kita tertinggi di Sumatera Selatan (Sumsel), dengan target sasaran sebanyak 85.150. Setelah selesai kita kembali lagi melakukan vaksinasi dosis 2 dan 3 kepada masyarakat umum dengan target sasaran yang berbeda yakni sebanyak 577.930," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Ogan Komering Ilir Ajak Peradi Tingkatkan Kesadaran Hukum Masyarakat

Lanjutnya, pada kegiatan vaksinasi ini selain tenaga medis yang telah kita tugaskan, kami juga melibatkan pihak Uskes Polres OKI dan Kodim 0402 OKI. 

"Semua kegiatan vaksinasi berlokasi di kantor camat, Cengal di 2 tempat yakni di kantor camat dan Balai Desa Sungai Lumpur, kemudian Mesuji Makmur di Balai Desa Cahaya Mas," jelas Iwan sembari menyatakan bahwa untuk dor to dor ke desa-desa masih tetap dilakukan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved