Berita Otomotif

Saat Menanjak, Kuatan Mobil dengan Penggerak Roda Depan atau Roda Belakang, Ini Kata Ahli

mobil keluaran terbaru tak kuat menanjak. Hingga terjadi perdebatan, mana yang lebih kuat apakah sistem gerak roda depan atau belakang.

Editor: Siemen Martin
Grid.ID
Ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM - Banyak di media sosial, mobil keluaran terbaru tak kuat menanjak.

Hingga terjadi perdebatan, mana yang lebih kuat apakah sistem gerak roda depan atau belakang.

Mobil memiliki berbagai sistem gerak pada roda. Paling familiar atau banyak dipakai ialah mobil dengan gerak roda depan dan gerak roda belakang.

Tiap sistem penggerak punya kelebihan masing-masing. Lantas mobil berpenggerak depan atau belakang yang lebih baik untuk menghadapi tanjakan terjal?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, mobil dengan sistem penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD) lebih kuat nanjak dibanding penggerak depan.

"Kendaraan RWD lebih bagus untuk menanjak karena ban belakang terjaga traksinya, saat tanjakan ban belakang mendapat bantuan beban dari kendaraan," katanya kepada Kompas.com, Selasa (24/8/2021).

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (AHM) Didi Ahadi mengatakan, penggerak roda belakang memiliki keunggulan dalam mengangkut beban berat.

Penjelasannnya karena tumpuan beban di belakang dan roda juga berputar di belakang membuat traksi semakin baik. Kelebihan lainnya kondisi kemudi menjadi lebih ringan.

Hal ini lantaran semua yang bergerak ada di belakang, jadi roda depan hanya untuk berbelok saja. Tidak heran banyak mobil-mobil jenis offroad banyak menggunakan sistem ini.

“Jadi masing-masing punya keunggulan,” kata Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved