Berita PALI

Solusi Pemda PALI Atasi Banjir dan Longsor, Wabup Soemarjono Jadwalkan Tinjau Daerah Rawan Bencana 

Wabup PALI, Drs H Soemarjono memastikan sudah menemukan solusi dari banjir dan longsor di Kecamatan Talang Ubi

SRIPOKU/REIGAN
Wabup PALI Drs H Soemarjono didampingi instansi terkait saat melakukan peninjauan wilayah rawan longsor dan banjir. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALI – Masih adanya wilayah di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang kerap dilanda banjir dan tanah longsor saat cuaca tak menentu, terkadang panas langsung disertai hujan petir dan angin kencang mendapat perhatian serius dari Wakil Bupati (Wabup) Drs H Soemarjono. 

Wabup PALI, Drs H Soemarjono mengatakan, bahwa ke depannya ia berharap instansi dalam hal ini, baik Pemerintah Desa, Lurah serta Camat untuk mendata wilayahnya yang rawan bencana dan perlu mendapat perhatian mendesak.

“Setelah datanya didapat. Kedepannya kita bersama instansi terkait akan dijadwalkan melakukan tinjauan langsung ke lokasi. Untuk itu, diharapkan pihak terkait harus merespon cepat laporan masyarakat,” ungkap Soemarjono, Minggu (20/2/2022)

Dijelaskan, setelah melakukan peniinjauan langsung di beberapa titik rawan banjir dan longsor di Kecamatan Talang Ubi, pihaknya sudah menyiapkan solusi. 

Penanganan banjir, pertama akan dilakukan pembersihan sampah yang ada di bantaran sungai. Sedangkan adanya gorong-gorong yang longsor di Kawasan Gang Masjid, secara tehnis akan dilakukan kajian perbaikan.

Sementara derah longsor di Talang Miring juga akan dilakukan perbaikan-perbaikan jangka panjang.

Adapun Lokasi perlu dilakukan perbaikan, yakni Simpang 4, Pipa, Talang Tumbur, Gang Masjid dan Talang Miring (longsor) serta kawasan Rejosari  Kelurahan Talang Ubi Utara.

“Teknisnya akan dilakukan pihak Dinas PUTR, apakah nantinya akan dilakukan pelebaran. Pihak PU Perkim juga akan melakukan relokasi rumah penduduk yang ada dibantaran sungai di Talang Pipa dan Talang Tumbur dan akan bermusyawarah dengan pemerintah setempat dalam hal ini RT dan RW,” jelasnya.

“Pihak Dinas Lingkungan Hidup sendiri akan mengambil alih untuk membersihkan sampah-sampah. Nantinya, realisasinya sendiri secara terpadu akan dijadwalkan secepatnya.” Ujarnya. (SP/REIGAN)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved