Berita Bisnis

Perjuangan Ratmi, Pengusaha Kue Rumahan Bangkit Setelah Dapat Pinjaman Rp 3 Juta

Usaha kue rumahan ini terus digeluti Ratmi dan dia berhasil bangkit meski ia memiliki aktivitas rutin sebagai asisten rumah tangga.

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/LINDA TRISNAWATI
Ratmi ibu rumah tangga yang produktif dan bangkit melalui usaha kue rumahan setelah mendapat modal pinjaman Rp 3 juta dari PNPM Mekaar, Kamis (3/2/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Ratmi yang berusia 38 tahun, menjadi ibu rumah tangga yang produktif. Ia tak ingin hanya sekedar duduk manis di rumah, sembari mengurus anak-anak nya.

Perempuan berhijab itu mengaku, memiliki kemampuan membuat kue rumahan. Bahkan ia sudah merintis usaha kecil itu sejak tujuh tahun lalu.

Namun sempat terkendala modal, sehingga ia kerap memulai dan menutup usahanya itu. Ia hanya membuat kue rumahan saat ada pesanan dari orang-orang yang berada di sekitar rumahnya.

Namun sejak tiga tahun terakhir, ia tergabung dalam Kelompok Sriwijaya yang dibuat oleh Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar. Ia diajak oleh salah satu tetangganya.

"Dari modal yang diberikan Mekaar inilah, saya putar untuk membangun bisnis kecil rumahan. Mulai dari melengkapi peralatan membuat kue hingga modal membeli bahan-bahan untuk membuat kue," jelasnya.

Hingga saat ini, usaha kue rumahan ini terus digeluti Ratmi dan dia berhasil bangkit meski ia memiliki aktivitas rutin sebagai asisten rumah tangga.

"Saya sudah 3 tahun pakai pinjaman modal dari Mekaar, usaha bikin kue rumahan. Saya pinjam Rp 3 juta per tahun, dalam setiap minggunya saya bayar Rp 75 ribu," jelasnya.

Selama tiga tahun ini, Ratmi terus melakukan top up setiap tahunnya. Jadi ambil setahun setahun, yang dibayarkan ke kelompok di Mekaar.

"Yang dibayarkan juga cukup ringan. Jadi tidak memberatkan," ungkapnya.

Murni, warga Jalan Srijaya, Kelurahan Alang-Alang Lebar yang membuka usaha kelontongan di rumahnya dengan modal pinjaman dari PNPM Mekaar Rp 5 juta.
Murni, warga Jalan Srijaya, Kelurahan Alang-Alang Lebar yang membuka usaha kelontongan di rumahnya dengan modal pinjaman dari PNPM Mekaar Rp 5 juta. (TRIBUN SUMSEL/LINDA TRISNAWATI)

Hal serupa diungkapkan Murni yang berusia 45 tahun, warga Jalan Srijaya, Kelurahan Alang-Alang Lebar yang membuka usaha kelontongan dirumahnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved