Menuju Herd Immunity

Disdik Palembang Wajibkan Siswa Suntik Vaksin, Percepatan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Dinas Pendidikan Kota Palembang mewajibkan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun. Namun, jika sang anak ada sakit maka tidak bisa divaksin tidak apa.

Penulis: Sri Hidayatun | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/SRI HIDAYATUN
Dinas Pendidikan Kota Palembang melakukan sosialisasi percepatan pemberian vaksinasi bagi pelajar usia 6 hingga 11 tahun di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Palembang, Jumat (28/1/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Dinas Pendidikan Kota Palembang terus melakukan sosialisasi percepatan pemberian vaksinasi bagi pelajar usia 6 hingga 11 tahun di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Palembang, Jumat (28/1/2022).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhammad Ngajib dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Fenty Aprina.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan Dinas Pendidikan Kota Palembang mewajibkan untuk vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun.

"Ya, kita ambil keputusan ini agar upaya percepatan vaksinasi bagi anak di kota Palembang bisa berjalan pembelajaran tatap muka bisa berjalan 100 persen," beber dia.

Namun, kata mewajibkan ini lanjut dia bukan artinya memaksa tapi memberikan kelonggaran. Jika sang anak ada sakit, ada penyakit bawaan atau hal yang membuatnya benar-benar tidak bisa divaksin, tidak apa-apa. Dan sang anak bisa ikut PTM.

"Tapi jangan mengatakan vaksin ini tak boleh, membunuh itu kan hoaks makanya kita berikan sosialisasi ini kepada para kepala sekolah dan guru agar berita-berita hoaks ini jangan salah artikan," beber dia.

Karenanya, pihaknya menggelar sosialisasi ini dengan Kapolrestabes dan Dinas Kesehatan Kota Palembang untuk memberikan sosialisasi dan menyadarkan orang tua kalau vaksinasi ini baik, demi kesehatan.

"Apalagi saat ini kita lihat pengembangan kasus omicron terus meningkat di Jakarta jangan sampai kita di Palembang ini juga kena, karena itu kita cegah," jelas dia.

Lanjut dia, hingga saat ini capaian vaksinasi anak sudah mencapai 46 persen.

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhammad Ngajib mengatakan sangat mendukung sekali langkah yang diambil oleh Dinas Pendidikan Kota Palembang untuk mewajibkan anak- anak ini divaksin.

"Ya, kita sangat dukung karena kita harus melakukan dan mendukung bersama percepatan vaksinasi di kota Palembang," ungkap dia.

Kata dia, pihaknya pun memberikan edukasi terkait pemberitaan-pemberitaan hoaks yang membuat orangtua atau walisiswa takut untuk melakukan vaksinasi.

"Seperti berita ada yang meninggal setelah divaksin itu tidak benar dan juga orangtua dapat pernyataan bahwa walisiswa bertangguny jawab apabila terjadi kepada anaknya itu juga tidak benar," jelasnya.

Karenanya, lewat sosialisasi ini dapat membantu dan membuka pikiran masyarakat agar turut mendukung percepatan vaksinasi ini.

Baca juga: Polres OI Bakal Gelar Vaksinasi Anak 6-11 Tahun, Hadiah Utama Sepeda Gunung, Yuk Ikut!

Baca berita lainnya langsung dari google news

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved