Berita Ogan Ilir Bangkit

Jemput Bola Layani Masyarakat, Disdukcapil Ogan Ilir Akan Luncurkan Mobil Layanan Keliling 

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Ilir akan meluncurkan mobil layanan keliling yang dinamakan "Dukcapil Kalangan". 

TRIBUNSUMSEL.COM/AGUNG
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Ilir, Zaidan menyampaikan akan meluncurkan mobil layanan keliling yang dinamakan "Dukcapil Kalangan", Senin (24/1/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, INDRALAYA - Guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Ilir akan meluncurkan mobil layanan keliling yang dinamakan "Dukcapil Kalangan". 

Rencananya, mobil ini akan diluncurkan ke seluruh desa di 16 Kecamatan seluruh gan Ilir secara bergilir, tepat pada hari kalangan atau pasar di setiap desa. 

Kepala Disdukcapil Ogan Ilir, Zaidan mengatakan, selain sebagai upaya jemput bola juga sebagai tindak lanjut dari keluhan masyarakat untuk mempermudah proses pengurusan data identitas diri. 

"Upaya ini kita lakukan agar jangan ada lagi masyarakat yang mengeluhkan susahnya mengurus identitas seperti KK, KTP maupun akta kelahiran. Juga mencegah dan meminimalisir jangan sampai ada aksi pungli," kata Zaidan kepada wartawan, Senin (24/1/2022). 

Dipilihnya hari kalangan, hal itu dikarenakan melihat animo masyarakat pedesaan yang hanya libur pada hari kalangan.

"Masyarakat biasanya libur pas hari kalangan, pada saat itulah mereka punya waktu luang untuk mengurus hal tersebut," ujar Zaidan. 

Program ini pun telah diajukan ke Bupati Ogan Ilir dan mendapat persetujuan. 

"Untuk sekarang baru satu unit mobil dan penganggarannya di Bagian Umum. Semoga secepatnya dapat terealisasi," ucap Zaidan. 

Selain mobil pelayanan keliling, sebelumnya upaya jemput bola sudah dilakukan dengan mendirikan kios pelayanan terpadu di setiap desa dengan pendanaannya diambil dari dana desa masing-masing.

"Kita sudah koordinasi dengan Dinas PMD. Terkait itu tergantung komitmen dari masing-masing kepala desa," kata Zaidan. 

Untuk saat ini, Disdukcapil Ogan Ilir sedang menggencarkan program cetak KTP untuk masyarakat pemula.

Zaidan berpesan kepada masyarakat jangan ragu dan sungkan untuk melengkapi identitas diri. 

Karena semua pelayanan saat ini lebih mudah dan tentunya tidak memakai biaya alias gratis.

"Pelayanan ini juga kita lakukan dengan cara mendatangi langsung sekolah-sekolah tingkat SMA maupun sederajat yang ada di Ogan Ilir. Sejauh ini baru dua sekolah di wilayah Pemulutan yang kita datang," terangnya. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved