Berita Palembang

Travel Agen Umrah di Palembang Pilih Mundurkan Jadwal Keberangkatan Hingga Februari 2022

Beberapa travel agent umrah di Palembang lebih memilih belum menerbangkan jemaah umrah pada pertengahan Februari atau Maret 2022 ini.

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Vanda Rosetiati
AFP/HO/SAUDI MINISTRY OF MEDIA
Umat muslim menerapkan protokol kesehatan saat melakukan tawaf di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). Pelaksanaan haji dan umrah di masa pandemi makin istimewa dan harus terapkan Prokes yang ketat. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Beberapa travel agent umrah di Palembang lebih memilih belum menerbangkan jemaah umrah pada pertengahan Februari atau Maret 2022 ini.

Di antara dua travel yang sudah memilih memundurkan jemaahnya adalah Sako Holidays dan Mega Wisata Tour and Travel.

"Ada beberapa pertimbangan untuk memundurkan keberangkatan pada pertengahan Februari atau awal Maret 2022," kata Direktur Utama Sako Holidays Emir Faisal, Senin (17/1/2022).

Menurut Emir, sebenarnya Sako Holidays siap memberangkatkan jemaah pada Januari ini. Namun, karena ada beberapa pertimbangan maka diundur.

"Ada beberapa hal yang membuat pemberangkatan kita undur seperti, calon jemaah masih ada belum lengkap vaksinnya. Seperti yang diketahui untuk umrah harus dua dosis lengkap atau bisa juga booster," ungkapnya.

Emir berharap, untuk vaksinasi umrah ini diberikan kemudahan. Pemerintah juga harus siap, agar memprioritaskan calon jemaah umrah yang mau vaksin. Misal bisa dengan cara membawa surat referensi dari pihak agen umrah.

Lalu hal lainnya berkaitan dengan karantina yang terlalu lama, sehingga ada beberapa calon jemaah yang pekerja tidak bisa terlalu lama meninggalkan kantor.

"Kemudian dari sisi biayanya juga semakin mahal, berkisar Rp 33 jutaan. Itu sudah termasuk karantina, jemaah ke Jakarta dan di PCR lalu dikarantina," katanya.

Menurutnya, secara total untuk umrah dan karantina totalnya 19 hari. Jadi ketika berangkat ke Jakarta dan di tes PCR apabila negatif besoknya diterbangkan ke Madinah.

Lalu di Madinah dikarantina empat malam, kemudahan di hari ke lima ibadah umrah. Kemudian untuk pemulangan di Indonesia, walupun negatif di karantina enam malam.

"Untuk yang waiting list lumayan banyak, banyak juga yang baru daftar. Kita akan berangkatan jemaah yang sudah siap. Jadi yang lama maupun baru yang siap akan berangkat," katanya

General Manager Mega Wisata Tour and Travel, Salwaty menambahkan untuk Mega Wisata akan memberangkatkan jemaah umrah pada 17 Februari 2022.

"Untuk jemaah sudah ready. Terkait adanya persyaratan seperti vaksinasi harus lengkap dua dosis atau yang harus booster masih terus dilengkapi untuk pemberkasannya," katanya.

Sedangkan terkait tarif, untuk Mega Wisata Tour and Travel tarifnya Rp 38 juta per jamaah. Dengan ketentuan sekamar ber empat.

Baca juga: Datang dan Ikuti Job Fair dan Community Expo Tribun-Sripo, Ada Banyak Perusahaan Buka Lowongan Kerja

Baca berita lainnya langsung dari google news

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved