Breaking News:

Bayi Kembar Siam di RSMH

Dua Teori Sebab Bayi Lahir Kembar Siam, Penjelasan Konsultan Fertilitas dr Variantono Azwar SpOGKFER

Pada proses kehamilan terjadi pertemuan antara sperma dan telur. Lalu berproses dan terjadi pembelahan, jadi ada yang terjadi pembuahan dan pembelahan

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/LINDA TRISNAWATI
Dokter Variantono Azwar SpOG KFER dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas endokrinologi reproduksi menjelaskan tentang kenapa bayi bisa kembar siam. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Dokter Variantono Azwar SpOG KFER merupakan dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas endokrinologi reproduksi menjelaskan tentang kenapa bayi bisa kembar siam.

"Ada dua teori yang bisa dilihat," kata dokter Variantono saat diwawancarai secara langsung di tempat prakteknya yang ada di Varia Medika Jalan Parameswara, Jumat (14/1/2022).

Dokter Variantono menjelaskan, pertama karena terjadinya gangguan pembelahan dan yang kedua saat pembelahan normal tapi embrionya terjadi penempelan pada saat proses kehamilan yang akhirnya terjadi kembar siam.

"Pada proses kehamilan terjadi pertemuan antara sperma dan telur. Lalu berproses dan terjadi pembelahan, jadi ada yang terjadi pembuahan dan pembelahan," kata Direktur PT Reproduksi Palembang Bersatu.

Masih kata dokter Variantono, biasanya itu saat pembelahan ada gangguan, seperti pembelahannya tidak sempurna makanya terjadi janin yang terbentuk bisa jadi dua kepala, ada juga di kakinya dan yang sering disebut kembar siam.

Lalu mengapa hal tersebut bisa terjadi? Memang sampai sekarang belum bisa diketahui terjadinya karena apa. Kalau dikatakan ada faktor genetik juga bisa, saat kromosom melakukan pembelahan ada kelainan maka juga bisa menyebabkan kelainan genetik.

"Sebenarnya untuk mencegah hal demikian bisa dengan pemeriksaan kromosom, tapi kalau di Palembang masih jarang dan biayanya terbilang mahal. Di Palembang pun belum ada dan harus dikirim ke Jakarta, serta butuh proses yang lama," ungkapnya.

Yang pasti salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk mencegah kelainan kromosom bisa dengan mengkonsumsi asam folat, saat kehamilan maupun pra kehamilan. Jadi asam folat ini sangat penting untuk ibu hamil.

"Sebenarnya hal tersebut bisa dilihat sedini mungkin, makanya pada saat ibu hamil perlunya USG. Manfaat dengan USG salah satunya untuk mendeteksi kalau adanya kelainan bawaan bisa dideteksi sedini mungkin," pesannya.

Lalu ketika tahu bahwa itu kembar siam hal apa yang harus dilakukan? Bisa dengan aborsi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved