Breaking News:

Berita Palembang

Peserta Bisa Ajukan Uang Muka dan Renovasi Rumah BPJS Ketenagakerjaan, Ini Caranya

Peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat mengajukan Pinjaman Uang Muka Perumahan, Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Pinjaman Renovasi Perumahan

Penulis: Hartati | Editor: Yohanes Tri Nugroho
BPJS Ketenagakerjaan
Peserta Bisa Ajukan menerima manfaat layanan tambahan berupa Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP) dan Fasilitas Pembiayaan Perumahan pekerja atau kredit Konstruksi (FPPP/KK) yang diberikan melalui Bank penyalur yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memberikan beberapa manfaat layanan tambahan yang bisa dimanfaatkan peserta. 

Jenis manfaat layanan tambahan berupa Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP) dan Fasilitas Pembiayaan Perumahan pekerja atau kredit Konstruksi (FPPP/KK) yang diberikan melalui Bank penyalur yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

PUMP adalah pinjaman yang diberikan oleh bank penyalur kepada peserta untuk menyediakan sebagian atau seluruh uang muka perumahan dengan subsidi bunga dari BPJS Ketenagakerjaan KPR adalah pinjaman uang yang diberikan oleh bank penyalur kepada peserta untuk menyediakan pinjaman berupa kredit pemilikan rumah dengan subsidi bunga dari BPJS Ketenagakerjaan termasuk pemindahan kredit atau take over tapi tidak diperkenankan menambah kredit.

Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Palembang, Ibkar Saloma mengatakan manfaat layanan tambahan berupa fasilitas pembiayaan perumahan diberikan melalui bank penyalur kepada peserta program JHT yang memenuhi syarat. 

Persyaratan yang harus dipenuhi yaitu sudah satu tahun menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan program jaminan hari tua JHT, perusahaan tempat bekerja tertib administrasi dan iuran, tidak putus upah, tenaga kerja maupun program belum memiliki rumah serta memenuhi persyaratan di bank penyalur. 

"Bank penyalur yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan di Palembang saat ini baru Bank BTN saja," ujarnya di sela bincang mau kredit renovasi rumah manfaatkan MLT Ketenagakerjaan secara virtual, Rabu (12/1/2022). 

Sementara itu Branch Manager BTN Palembang Hendra Toto Suprapto SH mengatakan PRP adalah pinjaman uang yang diberikan oleh bank penyalur kepada peserta untuk menyediakan pinjaman berupa kredit renovasi rumah dengan subsidi bunga dari BPJS Ketenagakerjaan.

FPPP/Kredit Konstruksi adalah pinjaman yang diberikan kepada pengembang yang memenuhi persyaratan dengan maksud membantu pengembang dalam membangun rumah tapak yang dapat dibeli atau dimiliki oleh peserta.

Kelebihan program MLT memberikan kemampuan beli dan kemampuan cicil dari peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan memberikan suku bunga khusus yang meringankan peserta. 

"Besaran PRP tergantung tergantung analisa kredit di bank penyalur dengan mempertimbangkan besarnya penghasilan baik itu gabungan dengan pasangan, besarnya tanggungan, besarnya pinjaman dan jangka waktu kredit yang diambil. 

Contoh Jika penghasilannya Rp 10 juta mempunyai tanggungan 1 anak, masing-masing memerlukan biaya hidup Rp 1 juta sehingga penghasilan yang bisa digunakan tinggal Rp 7 juta, dari Rp 7 juta di gunakan untuk mencicil motor sebesar Rp 1 juta , sehingga  penghasilannya tinggal Rp 6 juta yang diperhitungkan terhadap kredit dan di perhitungkan untuk jangka waktu kredit 10 tahun yang bisa memenuhi maksimal jumlah kredit.

"Bunganya stabil maksimal 5% diatas BI Reverse Repo Rate 7 Days untuk PUMP, KPR dan PRP dan maksimal 6% BI Reverse Repo Rate 7 Days untuk FPPP namun terhadap bank tertentu suku bunganya di bawah suku bunga maksimal 5%, misalkan BTN suku bunganya di 7% dibawah BI Reverse Repo Rate 7 Days+5% yang besarnya 8.5%," kata Hendra. 

Pekerja bisa bebas memilih perumahannya namun pembiayaannya harus melalui bank penyalur yang sudah bekerjasama dengan BPJS ketenagakerjaan.

Syarat mengajukan kredit ke Kantor Cabang Bank penyalur, Kantor Cabang Bank penyalur memverifikasi awal dan melakukan BI Checking/SLIK OJK, jika lolos maka bank penyalur mengirimkan surat dan fotokopi kartu peserta Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan,

Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan melakukan verifikasi kepesertaan sesuai persyaratan dan mengirimkan formulir persetujuan kepada kantor cabang bank penyalur, selanjutnya Bank penyalur melakukan akad kredit dan merealisasikan kredit.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved