Breaking News:

Berita Viral

HEBOH Pria Ini 'Hidup' Dengan Jantung Babi, Sejarah Kedokter Geger Transplantasi Pertama dari Hewan

Adapun pria yang bernama David Bennett memilih melakukan transplantasi sebagai opsi menyelamatkan nyawanya.

Editor: Moch Krisna
UNIVERSITY OF MARYLAND SCHOOL OF MEDICINE via BBC/Kolase
David Bennett (kanan) menjadi orang pertama yang sukses menjalani operasi transplantasi jantung dari babi, di Pusat Medis Universitas Maryland, Baltimore, Amerika Serikat. 

TRIBUNSUMSEL.COM -- Transplantasi jantung Babi ke seorang pria di Amerika Serikat (AS) mencatat sejarah baru dunia kedokteran.

Pria tersebut bisa 'Bernafas' dan baik-baik saja setelah tiga hari prosedur eksperimental tujuh jam di Baltimore.

Adapun pria yang bernama David Bennett memilih melakukan transplantasi sebagai opsi menyelamatkan nyawanya.

Meskipun belum diketahui peluang jangka panjangnya untuk bertahan hidup.

"Ini seperti mati atau melakukan transplantasi," ujar Bennet (57) sehari sebelum operasi. "Aku tahu ini pertaruhan, tetapi ini pilihan terakhirku," imbuhnya dikutip dari BBC, Selasa (11/1/2022).

Para dokter di Pusat Medis Universitas Maryland diberikan dispensasi khusus oleh regulator medis AS untuk melakukan prosedur tersebut, dengan dasar bahwa Bennett kemungkinan akan meninggal.

Foto selebaran ini dirilis oleh Fakultas Kedokteran Universitas Maryland pada 10 Januari 2022 menunjukkan ahli bedah melakukan transplantasi jantung dari babi yang dimodifikasi secara genetik kepada pasien David Bennett, Sr., di Baltimore, Maryland, pada 7 Januari 2022.
Foto selebaran ini dirilis oleh Fakultas Kedokteran Universitas Maryland pada 10 Januari 2022 menunjukkan ahli bedah melakukan transplantasi jantung dari babi yang dimodifikasi secara genetik kepada pasien David Bennett, Sr., di Baltimore, Maryland, pada 7 Januari 2022. (UNIVERSITY OF MARYLAND SCHOOL OF MEDICINE / AFP)

Daftarkan email Bagi tim medis yang melakukan transplantasi, ini adalah puncak dari penelitian bertahun-tahun dan dapat mengubah kehidupan di seluruh dunia.

Dokter bedah Bartley P Griffith menerangkan, operasi itu akan membawa dunia "satu langkah lebih dekat untuk memecahkan krisis kekurangan organ", dalam rilis Fakultas Kedokteran Universitas Maryland.

Krisis yang dimaksud adalah 17 orang di AS setiap hari meninggal menunggu transplantasi organ, dengan lebih dari 100.000 dalam daftar tunggu, menurut OrganDonor.gov.

Kemungkinan menggunakan organ hewan atau xenotransplantasi untuk memenuhi permintaan sudah dipertimbangkan sejak lama, dan penggunaan katup jantung babi sudah umum digunakan.

Pada Oktober 2021, dokter bedah di New York mengumumkan, mereka berhasil mentransplantasikan ginjal babi ke dalam tubuh seseorang.

Halaman
12
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved