Breaking News:

Berita Palembang

Termasuk Gubernur, Jabatan 10 Kepala Daerah di Sumsel Berakhir 2022 dan 2023, Ini Kata Pengamat

10 jabatan kepala daerah di Sumsel mulai dari Bupati, Walikota hingga Gubernur akan habis sebelum digelar pelaksanaan Pilkada pada 2024

TRIBUNSUMSEL.COM
Ilustasi Kepala Daerah: Sepuluh jabatan kepala daerah di Sumsel mulai dari Bupati, Walikota hingga Gubernur akan habis pada kurun waktu tahun 2022 hingga 2023 ini, sebelum digelar pelaksanaan Pilkada pada 2024 mendatang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Sepuluh jabatan kepala daerah di Sumsel mulai dari Bupati, Walikota hingga Gubernur akan habis pada kurun waktu tahun 2022 hingga 2023 ini, sebelum digelar pelaksanaan Pilkada pada 2024 mendatang.

Satu dari Kabupaten adalah Bupati Musi Banyuasin (Muba) yang dijabat Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Beni Hernedi yang akan berakhir pada Mei tahun ini.

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Benni Irwan mengatakan, kekosongan jabatan para gubernur itu diselesaikan dengan pengangkatan penjabat kepala daerah.

Hal tersebut merujuk pada UU Nomor 10 Tahun 2016 yang telah disempurnakan menjadi UU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Para penjabat gubernur, bupati, dan wali kota bertugas hingga terpilihnya kepala daerah definitif melalui Pilkada serentak 2024.

"(Untuk mengisi kekosongan jabatan), diangkat penjabat gubernur, penjabat bupati, dan penjabat wali kota sampai dengan terpilihnya gubernur/wagub, bupati/wabup, serta wali kota/wakil wako melalui pemilihan serentak nasional pada tahun 2024," kata Benni beberapa waktu lalu.

Adapun secara total, ada 101 kepala daerah yang akan habis masa jabatannya pada tahun ini.

Selain tujuh gubernur, juga ada 76 bupati dan 18 wali kota.

Menyikapi tersebut pengamat politik dari Universitas Sriwijaya (Unsri) Dr Febrian mengatakan, semua kandidat yang akan bertarung dalam kontestasi Pilkada 2024 di Sumsel memiliki peluang sama.

Sedangkan bagi para petahana, meskipun tidak menjabat lagi sebagai kepala daerah saat pelaksanaan Pilkada 2024, namun bakal calon dari petahana itu tetap memiliki peluang untuk kembali terpilih, asalkan memiliki basis massa selama ini.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved