Breaking News:

Berita OKU Timur

Dinkes OKU Timur Ungkap Kendala Kejar Target Vaksinasi Anak

Sebanyak 66.307 anak usia 6-11 tahun di Kabupaten OKU Timur menjadi sasaran suntik vaksin covid-19.

Penulis: Edo Pramadi | Editor: Yohanes Tri Nugroho
Polres OKU Timur
Kapolsek Martapura Kompol Rio Artha Luwih saat meninjau vaksinasi anak usia 6-11 tahun di SDN 3 Peracak OKU Timur, Jumat (7/1/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MARTAPURA - Dinas Kesehatan (Dinkes) OKU Timur mengungkapkan kendala yang dialami terkait penyelesaian target vaksin anak usia 6-11 tahun dalam sepekan.

Diketahui vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Bumi Sebiduk Sehaluan dimulai sejak Jumat (7/1/2022) yang lalu dan ditargetkan rampung pada Sabtu (15/1/2022) mendatang.

Sebanyak 66.307 total sasaran anak usia 6-11 tahun di Kabupaten OKU Timur yang harus mendapatkan suntik vaksin.

Kadinkes OKU Timur, Zaenal Abidin melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Umaidah Kosim mengungkapkan, sebenarnya vaksinasi anak usia 6-11 tahun sejauh ini berjalan lancar, hanya saja ada kendala teknis.

"Ada anak-anak yang baru disuntik Bias imunisasi, sehingga belum bisa langsung disuntik vaksin," kata Umaidah, Minggu (9/1/2022).

Diketahui Imunisasi BIAS adalah Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang diadakan 2 kali dalam setahun dan dilakukan secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Indonesia

Hal itu dikarenakan antara suntik imunisasi dan suntik vaksin harus diberi interval waktu sekitar satu bulan.

"Ada di beberapa Puskesmas yang seperti itu, untuk anak-anak yang baru disuntik imunisasi terpaksa suntik vaksinya tertunda," bebernya.

Baca juga: Suasana Hari Pertama Vaksin Anak di OKU Timur, Dinkes Targetkan Selesai Sepekan

Berdasarkan data terbaru dari Dinkes OKU Timur, saat ini capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun pada Sabtu (8/1/2022) sudah mencapai 10,7 persen.

Sementara itu, untuk capaian vaksinasi secara umum di OKU Timur kini sudah mencapai 74,6 persen dari 489.965 total target sasaran.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved