Breaking News:

Berita Musi Rawas

Melihat Obyek Wisata Hutan Kota Pelangi, Punya 78 jenis Pohon Khas Musi Rawas

Hutan Kota Pelangi merupakan obyek wisata di Musi Rawas yang berada di Kecamatan Muara Beliti.

SRIPOKU/AHMAD FAROZI
Sebanyak 78 pohon khas Kabupaten Musi Rawas terdapat di Hutan Kota Pelangi yang terletak di ibukota kabupaten di Kecamatan Muara Beliti, Jumat (7/1/2021) 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUSIRAWAS - Aneka pohon khas Kabupaten Musi Rawas yang sebagian sudah jarang ditemui, kini dapat dilihat di Hutan Kota Pelangi.

Dilokasi seluas sekitar 2,3 hektar yang terletak di ibukota Kabupaten Musi Rawas di Kecamatan Muara Beliti ini terdapat sedikitnya 78 jenis pohon khas Kabupaten Musi Rawas.

Seperti Markunyit, Merbau, Tembesu, Terap, Plangas, Merabungan, Manau Kayu, Marpuyan dan aneka pohon khas lainnya.

Sebagian pohon tersebut ada yang tumbuh secara alami dan berusia cukup tua.

Seperti pohon Markunyit yang diperkirakan usianya sudah berkisar 70-an tahun dengan diameter lebih dari sebesar drum.

Ada pula pohon yang sengaja ditanam untuk dilestarikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Rawas, selaku pengelola Hutan Kota Pelangi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Rawas Teddy Laszuardi melalui Kabid Tata Lingkungan, Jalin Elsaprike mengatakan, Hutan Kota Pelangi awwlnya merupakan kawasan hutan dan lokasi perladangan masyarakat Muara Beliti.

Ketika terjadi pemekaran Kabupaten Musi Rawas dengan Kota Lubuklinggau, maka ibukota Kabupaten Musi Rawas tidak lagi berlokasi di Kota Lubuklinggau tapi dipindahkan ke Kecamatan Muara Beliti.

Dengan adanya perpindahan lokasi ibukota Kabupaten Musi Rawas ini, maka dilakukan pembebasan lahan untuk areal perkantoran Pemkab Musi Rawad di Muara Beliti.

"Ini dulunya kawasan hutan. Ada rencana Pemkab Musi Rawas untuk membuka perkantoran disini, sehingga dilakukan pembebasan lahan. Ada beberapa luasan yang layak dijadikan hutan kota seluas 2,3 hektar dilokasi ini. Dimana didalamnya ada beberapa tanaman asli Musi Rawas seperti Markunyit yang sudah berusia 60-70 tahun," kata Jalin Elsaprike, Jumat (7/1/2022).

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved