Breaking News:

Piala AFF 2020

Jelang Final AFF 2020, Shin Tae-yong Ketar-Ketir Pemain Indonesia Cuma Diberi Makan Nasi Kotak

Asupan gizi dari nasi kotak dinilai Shin Tae-yong tidak cukup membantu untuk memulihkan kondisi fisik para pemainnya.

PSSI
Para pemain Timnas Indonesia berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Singapura di Piala AFF 2020 

TRIBUNSUMSEL.COM – Shni Tae-yong ketar-ketir dengan pasukannya jelang melawan Thailand di final Piala AFF 2020.

Hal itu dikarenakan asupan gizi pemain timnas Indonesia ia sebut tak cukup.

Ternyata anak asuhannya hanya diberi nasi kotak.

“Ya, kami tidak memiliki waktu banyak untuk istirahat,” kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers, Selasa (28/12/2021).

“Memang ini bagian yang sangat-sangat sulit bagi saya untuk pemulihan fisik. Apalagi kami lagi di dalam bubble tidak bisa makan yang bergizi, agar cepat pulih.  Kami hanya makan nasi kotak, nutrisi pemain akan kurang. Itu yang jadi perhatian di sini, khawatir,” jelas Shin Tae-yong.

Sementara itu soal teknis, pelatih asal Korea Selatan itu menyoroti masih buruknya antisipasi set piece yang dilakukan para pemain Indonesia.

Ikhsan Fandi Singapura (atas) melompat untuk menyundul bola saat pertandingan leg pertama semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Singapura dan Indonesia di National Stadium di Singapura. Rabu (22/12/2021) Hingga Peluit Panjang Berakhir Singapura berhasil menahan imbang Indonesia 1-1.
Ikhsan Fandi Singapura (atas) melompat untuk menyundul bola saat pertandingan leg pertama semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Singapura dan Indonesia di National Stadium di Singapura. Rabu (22/12/2021) Hingga Peluit Panjang Berakhir Singapura berhasil menahan imbang Indonesia 1-1. ((Roslan RAHMAN/AFP))

Bahkan, dua go Singapura pada babak semifinal lalu terjadi dari situasi set piece.

Shin Tae-yong dalam jeda waktu sebelum tampil di laga final membenahi kekurangan skuat Garuda dan tentunya juga menempa mental juara.

 
Seperti diketahui, Indonesia sudah lima kali masuk final dan belum sekalipun meraih juara. Bahkan bertemu Thailand di final ini jadi yang keempat kalinya.

Pertandingan final Piala AFF 2020 yang mempertemukan Indonesia vs Thailand akan tersaji dua leg.

Leg pertama pada Rabu (29/12/2021) dan leg kedua Sabtu (1/1/2022). Kedua pertandingan tersebut tersaji di Stadion Nasional Singapura.

Kualitas Pemain Thailand Merata di Tiap Lini

Shin Tae-yong menilai Thailand merupakan tim bagus yang diperkuat pemain-pemain berkualitas di dalamnya.

Meski demikian, hal itu tak membuat dirinya gentar.

Menurut Shin Tae-yong apa pun bisa terjadi di dalam pertandingan.

Bek Timnas Indonesia Elkan Baggott (kanan atas) coba menyundul bola dalam semifinal leg pertama Piala AFF 2020 melawan Singapura, Rabu (22/12/2021), di Stadion Nasional, Kallang, Singapura.
Bek Timnas Indonesia Elkan Baggott (kanan atas) coba menyundul bola dalam semifinal leg pertama Piala AFF 2020 melawan Singapura, Rabu (22/12/2021), di Stadion Nasional, Kallang, Singapura. (AFFSUZUKICUP.COM)

Shin Tae-yong berharap para pemainnya bisa tampil semaksimal mungkin saat menghadapi Thailand.

Shin Tae-yong sebelumnya sudah melakukan analisis calon lawan dengan memantau langsung laga Thailand Vs Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020.

Hasilnya, Shin Tae-yong menilai kekuatan dan kualitas para pemain Timnas Thailand apik dan merata di semua lini.

“Secara keseluruhan tim dan pemain dari thailand sangat baik. Tidak kelihatan di posisi satu pemain mana yang tidak baik tetapi bola itu bundar,” kata Shin Tae-yong, Selasa (28/12/2021).

“Kami akan memperlihatkan performa dan penampilan yang terbaik dalam lapangan. Saya tidak bisa bilang taktik seperti apa di sini, tetapi Thailand itu pastinya tim baik,” ujarnya.

Selain faktor teknis, Shin Tae-yong dalam persiapan ini juga menempa mental juara kepada Asnawi dkk.

Menurut Shin Tae-yong dalam partai final ini terkadang faktor mental juga sangat berpengaruh.

Pemain timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam dalam laga semifinal Piala AFF 2020
Pemain timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam dalam laga semifinal Piala AFF 2020 (AFFSUZUKICUP.COM)

“Pertandingan penyisihan grup sudah menyiapkan dengan baik masalah mental. Sama dengan sebelumnya, di final akan mempersiapkan mental yang kuat dalam suasana yang baik. Itu yang kami bawa sampai final ini,” kata Shin Tae-yong.

Pertandingan final Piala AFF 2020 yang mempertemukan Indonesia vs Thailand akan tersaji dua leg.

Leg pertama pada Rabu (29/12/2021) dan leg kedua Sabtu (1/1/2022). Kedua pertandingan tersebut tersaji di Stadion Nasional Singapura.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Duh, Shin Tae-yong Sebut Pemain Timnas Indonesia Cuma Diberi Makan Nasi Kotak Selama di Singapura, https://www.tribunnews.com/superskor/2021/12/28/duh-shin-tae-yong-sebut-pemain-timnas-indonesia-cuma-diberi-makan-nasi-kotak-selama-di-singapura?page=all.

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved