Breaking News:

Berita Pemprov Sumsel

Permudah Warga Cari Loker, Pemprov Sumsel Luncurkan Aplikasi SARIPATI

Aplikasi Saripati adalah terobosan baru Pemprov Sumsel dalam menyiapkan tenaga kerja profesional bagi perusahaan swasta di Sumsel

Humas Pemprov Sumsel
Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Mawardi Yahya melaunching aplikasi Sistem Akselerasi Penempatan Tenaga Kerja Terlatih (Saripati) bertempat di Binapraja Pemprov Sumsel, Rabu (22/12/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinakertrans) Sumsel meluncurkan aplikasi Sistem Akselerasi Penempatan Tenaga Kerja Terlatih (Saripati).

Peluncuran aplikasi ini dilakukan oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Mawardi Yahya bertempat di Binapraja Pemprov Sumsel, Rabu (22/12/2021).

Wagub dalam sambutannya menyebut, aplikasi ini merupakan terobosan baru Pemprov Sumsel dalam menyiapkan tenaga kerja profesional bagi perusahaan swasta di Sumsel yang membutuhkan SDM terlatih.

Dimana para pencari kerja nantinya akan dilatih dan dibekali ilmu-ilmu dari Disnakertrans Sumsel melalui sistem aplikasi.

"Saat ini pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja menyiapkan aplikasi Saripati yang nantinya ini akan digunakan para pencari kerja dan perusahaan-perusahaan di swasta yang membutuhkan SDM terbaik. Melalui aplikasi ini nantinya mereka akan di latih dan dibekali ilmu dalam semua bidang oleh Disasker melalui aplikasi," jelasnya

Menurutnya, dengan diluncurkannya aplikasi Saripati diharapkan akan dapat mempermudah akses bagi para pencari kerja dan perusahaan yang mencari pekerja untuk saling berinteraksi, tujuannya yakni untuk mengurangi jumlah pengangguran di Sumsel. Bahkan lewat aplikasi Saripati pencari kerja disabilitas juga dapat mengaksesnya.

"Ini juga salah satu langkah pemerintah untuk mengurangi pengangguran di Sumsel. Para penyandang disabilitas kita bekali ilmu agar dapat bersainag dalam penggunaan teknologi,” tambahnya.

Mawardi berharap akan membuka peluang kolaborasi antara lembaga masyarakat, pemerintah, perusahaan swasta, dan UMKM dalam penguatan ekonomi. Karena itu dia mengajak para pemangku kepentingan dapat mensosialisasikan aplikasi Saripati tersebut.

"Aplikasi ini juga perlu kita sosialisasikan kepada masyarakat luas, khususnya kepada para pencari kerja di Sumsel," tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinakertrans) Prov. Sumsel, Drs. H. Koimudin, SH mengungkapkan pihaknya melalui aplikasi Saripati akan membantu membangun integritas pelatihan bagi para pencari kerja untuk ditemukan kepada perusahaan yang ingin mencari para tenaga kerja terbaik.

"Melalui Saripati ini kami bersama pihak-pihak yang ikut bekerja sama akan membimbing para pencari kerja setelah itu kita rekomendasikan kepada perusahaan yang ingin mencara tenaga kerja profesional," tutunya.

Ia menjelaskan Saripati ini juga merupakan salah satu terobosan inovasi layanan ketenagakerjaan, yang semakin membuka peluang kerja di berbagai lapisan masyarakat tak terkecuali pada penyandang disabilitas.

"Kami harapkan membuka peluang besar kepada masyarakat yang ingin mencari pekerjaan dan bagu penyandang disabilitas juga akan merasa terbantu karena merupakan salah satu terobosan inovasi layanan bagi ketenagakerjaan," jelasnya.

Disela acara launching aplikasi Saripati ini, Wagub Mawardi Yahya berkenan menyerahkan penghargaan kepada perusahaan swasta yang telah mempekerjakan penyandang disabilitas. Sebagai apresiasi dari Pemerintah kepada Perusahaan yang telah berkontribusi dalam memberdayakan penyandang Disabilitas masing-masing PT Sumber Alfaria Tri Jaya. Tbk (Alfamart) dan PT Shima Prima Utama.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan yang sudah mempekerjakan penyandang disabilitas di perusahaannya. Semoga saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan dapat berperan serta dalam membangun Sumsel," ungkapnya.

Turut hadir, Ketua Komisi V DPRD Prov. Sumsel Susanto Ajis, SH, Kain Folahta Kolonel Arm. Ali Nabhan, Kabid Tik Pilda Sumsel, Kombes Pol Rio Ronald Rusbohal Nababan, Kasi E Intelijen Adi Muliawan, Hakin Tinggi Sumsel Kusnawi Muklis, SH. (RIL)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved