Breaking News:

FKM Unsri-Direktorat Keluarga Kemenkes RI Gelar FGD Endline Kasus Kematian Balita

FGD Endline Kasus Kematian Balita di Fasilitas Kesehatan dan Diseminasi Hasil Kegiatan Kerjasama FKM Unsri-Direktora Keluarga Kemenkes RI.

Editor: Vanda Rosetiati
HANDOUT FKM Unsri.
FGD Endline Kasus Kematian Balita digelar FKM Unsri dan Kemenkes RI, Minggu-Senin (5-6/12/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM - Focus Group Discussion (FGD) Endline Kasus Kematian Balita di Fasilitas Kesehatan dan Diseminasi Hasil Kegiatan Kerjasama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwjaya-Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI digelar selama dua hari Minggu-Senin (5-6 Desember 2021).

Acara berlangsung mulai pukul 14.30 WIB secara hybrid online zoom meeting dan offline di Hotel Swarna Dwipa Palembang.

Focus Group Discussion (FGD) Endline Kasus Kematian Balita di Fasilitas Kesehatan dan Diseminasi Hasil Kegiatan Kerjasama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwjaya-Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI digelar selama dua hari Minggu-Senin (5-6 Desember 2021).
Focus Group Discussion (FGD) Endline Kasus Kematian Balita di Fasilitas Kesehatan dan Diseminasi Hasil Kegiatan Kerjasama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwjaya-Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI digelar selama dua hari Minggu-Senin (5-6 Desember 2021). (HANDOUT FKM UNSRI)

Kegiatan FGD dan Diseminasi merupakan dua rangkaian akhir kegiatan kerjasama antara Fakuktas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya dengan Direktorat Kesehatan Keluarga Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Tahu 2021. Program kerjasama ini diketuai oleh Dr. rer. med. H. Hamzah Hasyim, S.KM, M.KM dibawah pembinaan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya Dr. Misnaniarti S.KM, M.KM dan Wakil Rektor Universitas Sriwjaya bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. Ir. M. Said, M.Sc.

Focus Group Discussion (FGD) Endline Kasus Kematian Balita di Fasilitas Kesehatan dan Diseminasi Hasil Kegiatan Kerjasama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwjaya-Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI digelar selama dua hari Minggu-Senin (5-6 Desember 2021).
Focus Group Discussion (FGD) Endline Kasus Kematian Balita di Fasilitas Kesehatan dan Diseminasi Hasil Kegiatan Kerjasama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwjaya-Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI digelar selama dua hari Minggu-Senin (5-6 Desember 2021). (HANDOUT FKM UNSRI)

Pada tanggal 5 Desember 2021 dilaksanakan kegiatan FGD untuk menggali informasi endline terkait kasus kematian balita di fasilitas kesehatan di wilayah kerja dinas kesehatan yang menjadi lokus pada kegiatan ini yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin dan Dinas Kesehatan Banyuasin. Data mengenai jumlah kematian balita, jenis kematian, penyebab dan rekomendasi serta tindak lanjut dirumuskan bersama pada kegiatan ini. Kegiatan berlangsung dari pukul 14.30 WIB – 21.00 WIB yang dipandu langsung oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Bapak Ferri Fahrizal, S.KM, M.KM beserta ketua Tim Pelaksana Dr. rer. med. H. Hamzah Hasyim, S.KM, M.KM. Paparan dari kedua dinas kesehatan tersebut juga langsung mendapatkan tanggapan dari tim pakar yang merupakan perwakilan dari pakar akademisi FKM UI, Perwakilan Organisasi IDAI, Perwakilan Organisasi IBI, dan Konsultasn WHO.

Peserta FGD Endline Kasus Kematian Balita di Fasilitas Kesehatan dan Diseminasi Hasil Kegiatan Kerjasama FKM Unsri-Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI digelar selama dua hari Minggu-Senin (5-6 Desember 2021).
Peserta FGD Endline Kasus Kematian Balita di Fasilitas Kesehatan dan Diseminasi Hasil Kegiatan Kerjasama FKM Unsri-Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI digelar selama dua hari Minggu-Senin (5-6 Desember 2021). (HANDOUT FKM UNSRI)

Selanjutnya di tanggal 6 Desember 2021 kegiatan dilanjutkan dengan diseminasi hasil kerja Tim Pelaksana FKM Unsri. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Universitas Sriwjaya bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. Ir. M. Said, M.Sc. Salah satu output penting pada kegiatan ini adalah dihasilkannya kesepakatan bersama dari pihak terkait terhadap komitmen dalam menurunkan angka kematian Balita di Fasilitas Kesehatan di wilayah kerjanya.

Penandatanganan kesepakatan diatas banner (simbolis) yang dilakukan oleh perwakilan dari Universitas Sriwjaya, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin, Dinas Kesehatan Kabuoaten Banyuasin, RSUD Sekayu, dan RSUD Banyuasin.
Penandatanganan kesepakatan diatas banner (simbolis) yang dilakukan oleh perwakilan dari Universitas Sriwjaya, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin, Dinas Kesehatan Kabuoaten Banyuasin, RSUD Sekayu, dan RSUD Banyuasin. (HANDOUT FKM UNSRI)

Penandatanganan kesepakatan dilakukan diatas banner (simbolis) yang dilakukan oleh perwakilan dari Universitas Sriwjaya, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin, Dinas Kesehatan Kabuoaten Banyuasin, RSUD Sekayu, dan RSUD Banyuasin.

Melalui kegiatan ini diharapkan dengan bantuan pihak akademisi dalam melakukan pendampingan terhadap dinas kesehatan dapat mencapai tujuan atau harapan dari Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan kesehatan ibu, bayi dan balita secara khusus dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara umum.

Suasana FGD Endline Kasus Kematian Balita di Fasilitas Kesehatan yang diadakan FKM Unsri dan Kemenkes RI, Minggu-Senin (5-6/12/2021).
Suasana FGD Endline Kasus Kematian Balita di Fasilitas Kesehatan yang diadakan FKM Unsri dan Kemenkes RI, Minggu-Senin (5-6/12/2021). (HANDOUT FKM UNSRI)

Peserta yang hadir secara online maupun offline:
1. Direktur Kesehatan Keluarga, direktorat kesehatan masyarakat, kementerian kesehatan RI atau yang mewakili
2. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan: Dra. Lesty Nurainy Apt.,M.Kes,
3. Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan: Ferri Fahrizal S.KM, M.KM
4. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin: Dr. dr. Hj. Rini Pratiwi, M.Kes
5. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin: dr H Azmi Dariusmansyah, MARS
6. Tim Pakar pada penyusunan instrument review kematian balita di fasilitas kesehatan:
1) Konsultan WHO (Dr. Ekawaty Lutfia Haksari, Sp.A (K) dan Dr. Alfrida Camelia Silitonga, MSc)
2) Pakar akademisi dari FKM UI (Prof. Dr. Endang L. Achadi, MPH, DrPH)
3) Perwakilan dari Organisasi Profesi IDAI
4) Perwakilan dari Organisasi IBI
7. Ketua pelaksana kegiatan PKS Ditkesga Kemenkes RI – FKM Unsri Tahun 2021 (Dr. rer.med. Hamzah Hasyim, S.KM, M.KM)
8. Perwakilan RSUD Sekayu, Musi Banyuasin
9. Perwakilan RSUD Banyuasin
10. Perwakilan Puskesmas di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin
11. Perwakilan Puskesmas di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved