Breaking News:

Berita Pemprov Sumsel

Herman Deru Optimis Rempah Sumsel Potensial Jadi Penyangga Ekonomi Warga di Tengah Pandemi

Festival Rempah Tahun 2021 digelar selama dua hari mulai 4-5 Desember di Museum Tekstil Palembang

Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumsel H. Herman Deru saat meresmikan Festival Rempah Tahun 2021 di Museum Tekstil. Sabtu (4/12/2021) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Penyelenggaraan Festival Rempah Tahun 2021 yang digagas TP PKK Sumsel untuk kedua kalinya, Sabtu (4/12/2021) di Museum Tekstil.

Agenda inipun diharapkan tidak hanya digelar setahun sekali agar kekayaan rempah Sumsel semakin dikenal dan dapat menjadi penyangga ekonomi warga Sumsel di tengah pandemi.

Harapan tersebut diungkapkan Gubernur Sumsel H. Herman Deru saat meresmikan Festival Rempah Tahun 2021.

"Terimakasih kepada TP PKK yang sudah punya inisiatif brilian. Ketika orang melupakan tanaman rempah tapi PKK justru membangkitkan kembali ingatan kita bahwa potensi rempah di Sumsel sangat kaya," jelas Herman Deru.

Melalui kegiatan festival ini Herman Deru berharap masyarakat juga petani bisa semakin semangat menanam rempah.

Hal itu lanjut Herman Deru erat kaitannya dengan program Sumsel Mandiri Pangan sehingga agenda seperti ini harus dilakukan berkesinambungan untuk menjadi penyemangat bagi warga Sumsel.

"Kalau bisa jangan setahun sekali. Belanda dulu menjajah kita sampai ratusan tahun karena tertarik dengan rempah-rempah kita dan memang telah diakui dunia. Ini tidak boleh kita lupakan," ucapnya.

Menurut Herman Deru langkah TP PKK menggelar festival ini sangat tepat dan harus disupport semua pihak.

Kedepan Iapun meminta TP PKK dan instansi terkait menginvetarisiar jenis rempah apa yang masih tumbuh, dimana tumbuhnya dan masih ada berapa banyak.

"Menanam rempah ini harus digalakkan kembali, agar masyarakat tidak hanya fokus menanam tanaman semusim saja. Karena disaat pandemi seperti ini produk UMKM berbasis rempah semakin dibutuhkan ," imbuhnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved