Breaking News:

Berita Kriminal Palembang

Pulang ke Palembang, Pelaku Pencurian Perangkat Kapal Senilai 100 Juta Diringkus

Polisi meringkus Pelaku pencurian perangkat kapal SPOB merk EBB II saat tengah bersandar di Sungai Musi Kelurahan 3-4 Ulu Palembang

TRIBUNSUMSEL.COM/RACHMAD
Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra bersama Sat Polairud menggelar jumpa pers penangkapan pelaku pencuri Perangkat kapal SPOB merk EBB II, Rabu (1/12/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Seorang pelaku pencurian di kapal SPOB merk EBB II yang terjadi pada 16 April 2021 lalu diringkus anggota Polairud Polrestabes Palembang. 

Pelaku diketahui bernama Chandra alias Acan (41) pun berhasil ditangkap anggota Satpolairud Polrestabes Palembang saat berada di kediamannya Jalan KH Wahid Hasyim, Kecamatan SU I Palembang.

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra didampingi Kasat Polairud, Kompol Dedy Ardiansyah AMD mengatakan, bahwa pelaku sudah buron sekitar enam bulan pasca kejadian pencurian tersebut.

"Anggota mengamankan pelaku dikediaman setelah pulang ke Palembang karena dari keterangan pelaku ke anggota kita dia pulang ke Palembang karena kangen dengan keluarganya," ujarnya di sela-sela jumpa pers penangkapan pelaku pencuri di dalam kapal, Rabu (1/12/2021).

Chandra sempat buron selama enam bulan dan kabur ke Provinsi Bengkulu dan berjualan di sana. 

Korban adalah Gunadi yang sedang menyandarkan kapal di perairan Sungai Musi tepatnya di Kelurahan 3-4 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I Palembang.

Sejumlah perangkat elektronik di dalam kapal digasak Chandra bersama seorang temannya, Zakarian (25) yang sudah menjalani vonis hukuman.

Kerugian korban ditaksir mencapai Rp 100 juta. 

Dirinya menjelaskan, bahwa sebelum melakukan aksi pencuriannya pelaku terlebih dahulu memantau kapal yang menjadi target pencuriannya. 

"Disaat ABK kapal tidak ada, disaat itulah pelaku bersama rekannya Zakarian (25) sedang menjalani hukuman melakukan aksinya," katanya.

Baca juga: Buat Surat Terbuka, Siswa MTS/MA Minhajul Islamiyah Palembang Ingin Pinjam Uang Bangun Sekolahnya

Dari informasi dan laporan dari pemilik kapal anggota Satpolairud Polrestabes Palembang melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan Zakarian pada 31 Mei 2021 lalu.

"Kemudian barulah kita berhasil mengamankan pelaku Acan ini usai pulang dari tempat persembunyiannya di Provinsi Bengkulu dan langsung kita giring ke Satpolairud Polrestabes Palembang," katanya. 

Polisi turut menyita barang bukti yang diamankan yakni satu buah radio marine merek Icom, satu buah televisi, satu buah travo las, satu buah antena radio merek Furuno dan satu buah unit pompa celup. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved