Breaking News:

Berita Palembang

Peminat Mobil Listrik Bakal Makin Banyak, Biaya Isi Baterai Sampai Full Cuma Rp 50 Ribu

Peminat mobil listrik luar biasa buktinya saja saat ini mobil listrik kosong stoknya dan harus inden langsung ke Jepang.

Penulis: Hartati | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/HARTATI
Branch Manager Hyundai Maju Motor Palembang Andry Ardila memperlihatkan mobil listrik produksi Hyundai. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Upaya pemerintah mendorong pertumbuhan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di dalam negeri dengan membangun infrastruktur pendukung seperti stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) dinilai akan semakin membuat bisnis mobil listrik bergairah.

Branch Manager Hyundai Maju Motor Palembang Andry Ardila mengatakan peminat mobil listrik sebenarnya banyak. Namun, mereka masih ragu membeli mobil listrik ini karena di Palembang sendiri keberadaan SPKLU masih sedikit. Tidak banyak seperti di Pulau Jawa.

Saat ini di Palembang sudah ada SPKLU di Kantor PLN A Rivai dan dua unit SPKLU di Kantor Hyundai.

Selain itu juga Hyundai juga memberikan bonus charger portable pada konsumen yang membeli mobil listrik agar mereka bisa mengisi daya listrik sendiri di rumah.

"Peminat mobil listrik luar biasa buktinya saja saat ini mobil listrik kosong stoknya dan harus inden langsung ke Jepang," ujar Andry, Minggu (28/11/2021).

Dia mengatakan sejak resmi hadir akhir tahun 2020 di Palembang sudah terjual 6 unit mobil listrik Hyundai dan saat ini sudah ada tiga konsumen yang pesan namun masin harus inden karena stok mobil kosong.

Andry mengatakan jika upaya pemerintah akan terus menambah SPKLU bakal membawa angin segar bagi bisnis mobil listrik di tanah air khususnya di Palembang.

Mobil listrik ini sendiri akan terisi full baterai 100 persen saat di charger 6 jam pada SPKLU di kantor Hyundai atau di rumah namun akan lebih cepat jika diisi di SPKLU PLN karena hanya butuh waktu 4 jam saja atau selisih 2 jam.

Mobil bisa dipakai dengan waktu 373 km saat baterai terisi penuh. Jumlah jarak yang ditempuh ini cukup 10 hari pemakaian jika hanya digunakan di Palembang saja. Setiap kali mengisi bateri penuh membutuhkan biaya Rp 50 ribu saja.

Hanya saja pengguna mobil listrik masih sanksi saat akan menggunakan mobil untuk keluar kota karena khawatir tidak bisa menemukan SPKLU sebab di Sumatera sendiri keberadaan SPKLU masih sedikit. Berbeda dengan di pulau Jawa yang mudah menemukan SPKLU bahkan bisa ditemukan di kafe dan resto sehingga bisa mengisi daya baterai sembari ngopi atau istirahat.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved