Breaking News:

Berita Palembang

Syarat Terbang Anak Usia 12 Tahun ke Bawah Cukup Tes Antigen, Berlaku Selain Tujuan Jawa-Bali

Anak usia di bawah 12 tahun, kini sudah diperbolehkan melakukan perjalanan dalam negeri menggunakan pesawat udara. Syaratnya cukup antigen.

TRIBUN SUMSEL/ARIEF BASUKI ROHEKAN
Anak usia di bawah 12 tahun kini sudah diperbolehkan melakukan perjalanan dalam negeri menggunakan pesawat udara. Syaratnya menyertakan bukti pemeriksaan negatif antigen. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Anak usia di bawah 12 tahun kini sudah diperbolehkan melakukan perjalanan dalam negeri menggunakan pesawat udara. Seiring, membaiknya kondisi pandemi Covid-19 saat ini di Indonesia.

Meski begitu tetap ada syarat yang dipenuhi, salah satunya tes Covid-19 bagi anak dibawah usia 12 tahun.

Menurut Executive General Manager Angkasa Pura 2 Bandara SMB II Palembang Tommy Ariesdianto melalui staff Bandara AP 2 Rangga, bagi anak yang usia 12 tahun yang tujuan pulau Jawa dan Bali maka harus menunjukkan bukti tes Swab PCR.

"Untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun sudah bisa naik pesawat. Jika ke Jawa harus PCR, luar Jawa boleh antigen," katanya, Sabtu (27/11/2021).

Dijelaskannya, pelaku perjalanan usia di bawah 12 tahun sendiri, wajib didampingi oleh orang tua atau keluarga yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK), serta memenuhi persyaratan tes Covid-19.

Pantauan di Bandara SMB II Palembang tidak, belum adanya lonjakan berati penumpang pesawat, meskipun anak- anak diperbolehkan naik pesawat. Jikapun ada, hal itu dikarenakan hal mendesak.

"Tidak terpantau anak- anak ikut penerbangan hari ini. Karena belum uregent mungkin, kalaupun ada yang berangkat anak- anak itu pasti didampingi orang tuanya atau keluarganya," salah satu petugas bandara.

Sekedar informasi, Pemerintah sendiri terus berupaya agar anak- anak dibawah usia 12 tahun bisa berpergian dengan pesawat, namun mensyaratkan sejumlah hal agar anak diperbolehkan menggunakan moda transportasi udara.

Syarat itu tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Perhubungan tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dimana penumpang bisa naik pesawat dengan tes antigen atau PCR sebagai syarat penerbangan.

Ketentuan yang berlaku adalah selain menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama, penumpang wajib menunjukkan surat keterangan hasil tes negatif Covid-19, bisa dengan tes antigen atau PCR tergantung dengan dosis vaksinasi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved