Breaking News:

Berita Nasional

Warga Palembang yang Mau Liburan ke Lampung Siap-siap Gigit Jari Pada Libur Nataru, Ada Penyekatan

Warga Palembang dipastikan menghabiskan liburan ditepian sungai Musi, sebab kalau mau ke Lampung ada penyekatan saat libur Natal dan Tahun Baru.

Editor: Siemen Martin
Tribun Sumsel/ Melisa Wulandari
Pemandangan Jembatan Ampera 

TRIBUNSUMSEL.COM - Warga Palembang dipastikan menghabiskan liburan ditepian sungai Musi, sebab kalau mau ke Lampung ada penyekatan saat libur Natal dan Tahun Baru.

Pemerintah Kota Bandar Lampung akan membuat posko penyekatan di lima titik pintu masuk ke kota menjelang Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Penyekatan jalan ini guna mengantisipasi kerumunan yang bisa menjadi penyebaran Covid-19.

"Untuk penyekatan nanti, kita bersinergi dengan TNI dan Polri. Tempat masih sama seperti yang lalu, yakni di lima titik masuk ke kota ini," kata Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana seperti dikutip dari Antara, Rabu (24/11/2021). 

Ia mengatakan, pengetatan pada Natal dan tahun baru dilakukan sebagaimana instruksi pemerintah pusat untuk menekan pergerakan masyarakat.

"Ini kan dikhawatirkan kasus melonjak pada Natal dan tahun baru, sehingga menjadi klaster baru, karena itu ini harus diperketat lagi," kata dia.

Ia mengatakan, nantinya di setiap posko penyekatan, kendaraan berpelat nomor luar daerah akan diberhentikan dan diminta menunjukkan syarat perjalanan seperti kartu vaksin, surat negatif Covid-19 melalui tes usap antigen ataupun PCR.

Kemudian, di dalam kota juga akan dilakukan penutupan ruang publik yang biasa menjadi pusat keramaian.

"Tempat keramaian akan kita imbau dan tutup. Begitu juga dengan tempat hiburan malam," kata Eva.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Bandar Lampung Ahmad Nurizki mengatakan, rencana penyekatan di lima titik pintu masuk kota ini akan dilakukan pada 20 Desember 2021.

"Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh Indonesia kan berlaku tanggal 24 Desember. Nah, kita rencana akan memulai di tanggal 20 Desember, atau lebih awal," kata Ahmad. 

Lokasinya berada di Jalan Raden Intan, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Pangeran Diponegoro dan Jalan RA Kartini.

Sedangkan untuk posko penyekatan di perbatasan kota, dilakukan di BKP Kemiling, Rajabas, Exit Tol Kota Baru, Exit Tol Lematang, dan di Panjang.

Artikel ini telah tayang di Kompas

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved